Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakai Cara Ini Umpan Cacing Tidak Habis Dimakan Ikan Kecil

Memancing dengan umpan cacing, biasanya cepat habis dimakan ikan-ikan kecil pada spot yang dipancing. Bila sudah seperti itu, pasti akan membuat kita capek selalu pasang umpan secara berulang.

Pakai Cara Ini Umpan Cacing Tidak Habis Dimakan Ikan Kecil

Belum lagi jika memakai pelampung, membuat kita termanipulasi beranggapan jika umpan dimakan ikan besar padahal cacing dikailnya saja yang terus berukurang.

Untuk kalian yang hobi mancing di sungai, pastinya pernah kan ngalami umpan cacing yang selalu habis dimakan ikan kecil.

Jadinya seperti ikan yang besar tidak kebagian untuk memakan umpan cacing yang kita pasang, terlebih bila dispot yang dipancing sudah diketahui dengan jelas ada ikan besar (babon) namun yang lebih banyak lagi adalah ikan kecil.

Nah untuk kalian yang tidak ingin itu selalu terjadi, capek-capek pasang umpan cacing yang cepat habis dimakan ikan kecil, boleh deh coba cara kami memasang umpannya agar ikan besar yang lebih cepat lagi untuk menyambarnya, untuk caranya sebagai berikut:

  • Gunakan umpan cacing kaling yang besar.
  • Ubah kedalaman antara umpan cacing dan pelampung (jika kalian mengunakan pelampung).
  • Cobalah gunakan umpan lainnya dengan tekstur keras seperti:
    1. Usus ayam
    2. Kelabang (lipan)
    3. Jika masih tetap mengunakan cacing biasa, pastikan perbanykan dan ubah kedalamannya.

Perlu kalian ingat, jika tidak ingin umpan cepat habis dimakan ikan kecil, jangan gunakan umpan dengan tekstur lembut. Berharap supaya dimakan ikan besar tapi hanya terus habis saja.

Umpan lembut yang dimaksudkan seperti Entung pisang, laron, anak tawon dan sebagainya.

Sedangkan untuk kesimpulan mengunakan umpan diatas tadi, kurang lebih seperti ini.

Cacing kalung: Untuk jenis ini, pastinya kalian pemancing juga tau kan kalau umpan cacing ini keras dan tidak mudah habis biarpun yang makan ikan kecil.

Jadi, jika mengunakan umpan ini potensi mendapatkan ikan besar lebih maksimal, jadinya jika ujung strik bergerak atau pelampung dibawa sudah bisa dipastikan jika yang makan memang ikan besar.

Ubah kedalaman: Seperti yang kita ketahui, ikan-ikan kecil sangat jarang berada dibagian terdalam apa lagi dasaran. Inilah sebabnya, jika kita mancing pakai umpan cacing tapi tidak terlalu dalam lebih cepat habis dimakan ikan kecil saja.

Mengunakan umpan yang keras: Umpan dengan tekstur keras seperti usus ayam contohnya, tidak akan cepat habis dimakan ikan kecil bahkan tetap utuh saja. Walaupun dirumbung ikan kecil, tidak akan mampu untuk menghabiskan umpan seperti ini.

Hampir sama seperti cacing kalung, karena teksturnya keras pasti ikan kecil tidak akan mampu memakannya. Selain itu, jika memang kalian kesulitan mencari ganti umpan cacing maka usahakan sekali pasang dengan banyak agar tidak langsung habis saja.

Nah beberapa cara yang paling sering bahkan kami gunakan setiap memancing dispot yang banyak ikan kecilnya. Kalian juga bisa mencoba, jika masih bingung memikirkan umpan cacing selalu habis dimakan ikan kecil, sampai disini semogga bermanfaat.