Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tau Cara Sederhana Buat Essen Untuk Pengumpul Ikan Nila

Membuat essen agar ikan nila berkumpul saat kita pancing, pada umumnya sangat sederhana yang penting kalian mengetahui bahan apa saja yang akan digunakan, baik hanya sebatas campuran lumut hingga tabur sekalian.

Sudah Tau Cara Sederhana Buat Essen Untuk Pengumpul Ikan Nila

Seperti yang kita ketahui saat memancing ikan nila, karena dispot dengan air yang luas dan berlimpah pasti ikan nila akan menyebar disemua sisi yang mereka sukai.

Apabila kebetulan 1 titik spot dalam dan disukai keberadaan tersebut untuk ikan nila, dan kebetulan kita pancing tentu akan mudah strike walaupun besar kecil jadi satu.

Beda halnya bila mengunakan essen pengumpul ikan nila, dimana saja titik spot kita mancing, begitu aroma essen menyebar ikan nila akan berdatangan pada posisi tersebut lalu menemukan umpan yang kita pakai dan landed.

Nah untuk kalian yang mau membuat essen sendiri untuk pengumpul ikan nila, cara sederhana setidaknya bisa coba cara yang kami gunakan.

Sedangkan hasilnya tetap kembali pada pengunaannya, termasuk bumbu racikan mesti sama dengan cara kami membuatnya.

Untuk beberapa essen yang aktif dan sering kami gunakan untuk pengumpul ikan nila, hanya ada 3 ini saja yaitu:

  1. Essen serai
  2. Essen walang sangit
  3. Dan campuran ragi tape + garam.

Untuk cara membuatnya, tidaklah sulit tinggal kalian siapkan beberapa bahannya terlebih dahulu dan kita mulai dari awal urutan diatas saja.

Essen Serai: Cara membuatnya versi kami! Ambil 1 buah kelapa lalu belah 2, kemudian parut untuk mengambil santannya. Kemudian siapkan 1 batang serai dan tumbuk terlebih dahulu.

Setelah santan kelapa tadi siap, masukan batang serai yang sudah ditumbuk lalu masak di wajan dengan api kecil saja untuk mengambil minyaknya.

Waktu menunggu dominan, lebih kurang 2 jam sampai santan tadi berpisah dengan minyak. Setelah jadi, masukan minyak tadi kedalam botol lalu digunakan 4 - 6 tetes ke dalam lumut yang akan digunakan untuk mancing ikan nila agar berkumpul karena aroma tersebut.

Walang Sangit: Juga versi saya! Aslinya bahan utama yang digunakan adalah daun walang sangit, kalian carilah dulu daunnya.

Setelah ditemukan, ambil 4 lembar kemudian tumbuk sampai halus dan masukan ke dalam lumut yang sudah di campurkan air.

Sedangkan bila kalian ingin mengunakan Ragi Tape dan Garam untuk pengumpul ikan nila, harap buat persamaan dengan versi kami. Untuk membuatnya, 1 ragi tape dibelah bagi 4 lalu ambil 1 saja untuk dipadukan dengan 2 sendok teh garam kasar juga 1 cedok air untuk lumut.

Sedangkan takaran untuk lumut yang digunakan bebas, yang penting air cukupkan 1 cedok saja dengan paduan ragi tape dan garam.

Apabila lumut yang akan kalian bawa untuk mancing tidak cukup dengan 1 cedok air, gunakan kelipatan campuran sebagai Essen pengumpul ikan nila berdasarkan takaran diatas tadi.

Simpelnya begini, bila 1 ragi bagi 4 diambil 1 untuk 1 gayung air maka gunakan 2 jika ingin mengunakan 2 gayung air. Termasuk juga untuk takaran garam kasarnya, harap di ingat jangan pakai garam yang halus, karena pernah kami coba hasilnya malah zonk.

Sampai disini, pastikan kalian yang ingin membuat essen campuran untuk pengumpul ikan nila diatas sesuai dengan takaran kami.

Bila terjadi lebih atau kurang, nantinya hasil pengumpul ikan nila akan berbeda bisa lebih pakam buatan kalian atau zonk. Semogga bermanfaat kawan.