Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Belanak Racikan dan Alami

Umpan ikan belanak bila digunakan kurang pas biasanya buat capek saja menunggu.

Tapi kalau pas yang digunakan umpan jitu ikan belanak pastinya sampai susah narik terus tapi ini hanya sebatas harapan saja kalau nanti pas sudah nyoba baru deh rasain kesulitannya untuk memancing ikan belanak.

Umpan ikan belanak bila digunakan kurang pas biasanya buat capek

Seperti biasanya mancing, mengunakan umpan untuk ikan belanak pastikan yang pas.

Memancing ikan belanak diutamakan lokasi tempat kita meletak umpan dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan belanak dispot tersebut.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan belanak bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila ikan belanak mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan belanak yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya untuk memancingnya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan belanak yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tapi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pastinya akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Bila belum pas maka di harapkan bisa berusaha untuk mencoba mengunakan umpan yang lainnya.

Bukan hanya mengandalkan hanya umpan alami ikan belanak saja, memang bagus mengunakan makan alami tapi akan lebih bagus lagi bila mengunakan yang racikan yang di sukai ikan belanak.

Untuk yang lebih bagus lagi gunakan joran pancing lebih dari 1, dimana pengunaan joran yang satunya mengunakan umpan racikan dan lainnya mengunakan umpan alami sebagai cadangan, jadi tinggal tunggu saja joran yang mana lebih dulu dimakan, misalnya:

Umpan alami lebih lebih dimakan ikan belanak ketimbang yang racikan, atau sebaliknya yang lebih dulu adalah racikan. Lantas jangan putus asa dengan umpan yang belum dimakan, tetap di tajur saja joran yang mengunakan umpan tapi belum dimakan, karena kemungkinan memang belum tepat waktunya.

Diatas hanya berlaku untuk umpan ikan belanak alami saja yang belum di makan, bila yang lama di makan adalah racikan sebaiknya kalian berfikir dulu sejenak karena mungkin ada kesalahan dalam pembuatannya atau memang umpan racikannya yang kalian buat tidak cocok untuk mancing ikan belanak di lokasi pemancingan di tempat kalian.

Nah sekarang tinggal kalian cocokan racikan, umpan alami dan lokasi kalian memancing ikan belanak supaya pembuatan umpannya pas terlebih untuk yang peliharaan.

Umpan Alami Ikan Belanak

Sebelum kalian mengunakan umpan ini sebaiknya sesuaikan dulu lokasi yang akan kalian pancing, misalkan kalian mencari informasi untuk mancing ikan belanak alami yang nantinya akan di gunakan untuk mancing yang di kolam (peliharaan).

Begitupun sebaliknya membuat umpan racikan kolam tapi di gunakan untuk mancing di liaran.

Jadi pengunaan umpan harus di sesuaikan, jangan malah nantinya membuat kalian capek sendiri:

Capek nunggu joran karena tidak dimakan ikan belanak tapi!

Bila target mancingnya sesuai, kemungkinan akan tepat dalam pengunaanya, termasuk bila ikan belanak yang peliharaan dikolam juga ada umpan alaminya dan juga tetap bisa kalian gunakan.

Tapi bila umpan alaminya di alam liar nah yang ini jangan di coba-coba!

Umpan Alami Ikan Belanak Di Alam Liar

Untuk beberapa umpan yang sering dimakan ikan belanak saat di alam liar pastinya juga sering di temui oleh kalian.

Tapi ya ada juga yang memang sulit untuk di temukan, beberapa umpan alami tersebut adalah:

  1. Udang halus.
  2. Remis / Kijing.
  3. Capung.
  4. Jangkrik Gangsir.
  5. Dan belatung jangkos.

Untuk mencari dan mengunakan umpan diatas cukup mudah, yang pertama Udang Halus.

Biasanya udang ini kita nyarinya di lokasi tempat adanya ikan belanak yang kita pancing itulah.

Cara mencarinya cukup gunakan perangkap di dalamnya isi nasi cukup tunggu 4 jam saja pastinya sudah banyak udang yang bisa kalian gunakan.

Sedangkan Remis atau Kijing juga banyak biasanya di lumpuran dekat lokasi kalian akan mancing belanak, tinggal ambil dan keluarkan isinya pasang ke mata kail pancing.

Untuk capung kalian pastinya sudah mengertilah cara mencarinya, sedangkan Jangkrik Gangsir nyarinya sedikit sulit bila tidak pas tempatnya.

Jangkrik Gangsir biasanya kalau malam ada suara jangkrik, itulah yang di maksud umpan belanak ini tinggal kalian ambil.

Sedangkan belatung jangkos biasanya ada di pupuk jangkos sawit tinggal cari saja pastilah ketemu.

Umpan Ikan Belanak Pelihara Yang Alami

Harap di sesuaikan dulu lokasi pemeliharaannya, mau di kolam, tambak dan sebagainya selama bersifat alami pasti akan ada makanan yang menjadi sasaran ikan belanak.

Untuk yang paling umum di temukan adalah Udang, untuk jenisnya tinggal kembali pada tempatnya.

Mengunakannya juga cukup mudah, tinggal kalian cari mengunakan Tangguk / Sawuk atau apalah namanya yang biasanya di gunakan untuk naikan ikan yang kena pancing kalau di tempat saya namanya tangguk.

Kalian tinggal menangguk Udang yang akan digunakan untuk umpan.

Selain itu, kalian juga bisa tinggal mengunakan umpan racikan karena umpan alami yang dimakan ikan belanak yang peliharaan termasuk kurang karena pastinya pakan tidak akan kekurangan kecuali memang keadaanya mendesak untuk di makan.

Umpan Racikan Untuk Mancing Ikan Belanak

Untuk membuat racikan khusus mancing belanak setidaknya ada beberapa mancam.

Ada juga yang biasanya digunakan pemancing lain tapi mengetahui pembuatan racikanya, ada juga yang memang di gunakan untuk diri sendiri saat mancing.

Untuk racikan umpan yang pertama adalah mengunakan Roti Crispy, pembuatannya cukup mudah ambil 4 atau 5 keping rotinya lalu celupkan 2 detik ke air, masukan ke dalam plastik lalu lumat mengunakan tangan sampai pulen untuk lebih detail pembuatannya silahkan lanjutkan membaca di link bawah ini:

Umpan Roti Keju Crispy

Sedangkan untuk membuat racikan lainnya cukup siapkan beberapa bahan berikut:

  1. Tepung terigu.
  2. Vanili.
  3. Kuning Telur bebek.
  4. Dan margarin (mentega).

Lalu siapkan wadah, masukan 3 sendok makan tepung, 1 sendok teh vanili dan 1 butir kuning telur berikan seperemat gelas air lalu aduk sampai rata.

Setelah rata, panaskan kuali yang sudah di masukan margarin (mentega) lalu goreng sampai masak dan selesai!

Untuk yang lainnya, kalian bisa langsung mengunakan Bakwan gorengan yang di jual atau membuatnya sendiri, untuk caranya cukup di gunting-gunting sesuai ukuran.

Umpan Ikan Belanak Kolam Pemancingan

Kalau untuk yang ini lebih banyak, kalian bisa membuatnya sendiri ataupun juga membelinya. Untuk membeli biasanya memang sudah disiapkan, sedangkan bila ingin membuat sendiri yang saya gunakan siapkan dulu beberapa bahannya:

  1. Pelet Oke 99.
  2. 5 Jagung manis.
  3. Dan Essen JM Premium.

Pertama ambil jagung manis dan pisahkan mengunakan pisau lalu blender sampai halus lalu tambahkan 4 sendok makan air dan panaskan cukup panas saja tidak perlu masak.

Selanjutnya masukan 5 sendok makan pelet Oke 99 campurkan juga jagung manis yang sudah panas tadi lalu aduk sampai halus merata lah pokoknya.

Lalu pindahkan ke plastik dan campurkan 7 tetes Essen JM Premium lalu lumat mengunakan tangan sampai pulen dan selesai.

Sedangkan untuk membuat selanjutnya, gunakan Pelet Joss, Essen Oplosan dan juga Biang Susu German, untuk membuatnya pertama ambil wadah lalu masukan semua pelet Joss, kemudian kasih seujung sendok teh Biang Susu German lalu 5 sendok makan air panas lalu aduk supaya halus kemudian berikan 10 tetes Essen Oplosan yang diberikan bertahap seperti 2 tetes pertama aduk dan kasih lagi sampai 10 kali tetes.

Umpan diatas silahkan di coba, sesuai dengan lokasi yang akan kalian gunakan untuk mancing ikan belanak.

Kesimpulan
Pembuatan umpan dan alami diatas diberdasarkan pemancingan ikan belanak yang pernah di coba dan juga di lokasi sini, harap sesuai pengunaan bila lokasi keberadaan kita berbeda dan juga hanya untuk air yang tawar saja.