Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Gurame Liar Alami dan Racikan

Umpan ikan gurame liar yang alami memang macam-macam, mulai dari umpan alami hingga racikannya yang bisa di buat sendiri atau langsung saja beli.

Walaupun demikian untuk memancing ikan gurame liar yang besar membutuhkan umpan yang khusus digunakan, jadi tidak semua umpan yang di gunakan mau dimakan ikan gurame.

Umpan ikan gurame liar yang alami

Jadi untuk kalian yang ingin memancing ikan gurame atau kalui / kaloi yang ukuran besar sebaiknya cobalah gunakan umpan alami saja dan tidak berganti untuk mengunakan yang racikan.

Karena untuk umpan buatan ini biasanga ikan yang besar atau tetap mau memakannya yang lebih cepat hanya yang kecil saja.

Memancing ikan gurame kalui diutamakan terlebih dahuli adalah lokasi tempat kita meletak umpan, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan gurame.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam dan rimbun terutama dibawah pohon bambu, karena pada titik ini ikan gurame bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan gurame yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan yang jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam dan rimbun dulu, karena rata-rata ikan gurame yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tadi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pastinya akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Tapi bila kalian memancingnya mengunakan joran pancing lebih dari satu, nah ini lebih bagus karena yang di utamakan adalah mengunakan umpan alami untuk incar yang besar sedangkan yang lainnya untuk tungguan besar kecil angkut terus lah pokoknya.

Jadi untuk mancing ikan gurame liar ini memang sebaiknya kalian mengunakan pancing lebih dari 1 saja, tapi bila pancing pribadi kalian hanya satu saja ya tidak bisa dipaksakan lagi yang penting mancing saja lagi.

Nah untuk kalian yang masih mencari rekomendasi umpan racikan dan alami untuk mancing ikan gurame, berikut akan saya beri panduan untuk mencari dan membuatnya.

Umpan Alami Ikan Gurame Liar Sungai

Beberapa umpan alami yang biasanya jadi makanan ikan gurame sungai yang alami adalah:

  1. Cacing sampah.
  2. Ulat bambu.
  3. Ulat pisang.
  4. Dan jangkrik.

Umpan diatas adalah yang paling umum digunakan tapi besar kecil ikan gurame tetap mau saja memakannya, jadi bila mengunakan umpan ini kalian tidak bisa memilih hanya untuk ikan gurame yang besar saja memakanya.

Tapi bila kalian memang hanya ingin mendapatkan ikan gurame yang besar saja, kalian cukup mengunakan umpan Daun Talas atau Pepaya (kates) dengan ke dua umpan ini pasti yang dapat hanya ikan besar saja sedangkan yang kecil tidak akan mau memakannya.

Untuk melihat dengan jelas video mancing ikan gurame besar dengan umpan Daun cek di bawah ini:

Tapi bila terlanjur ikan gurame di lokasi kalian sering dipancing dengan umpan-umpan yang sudah saya sebutkan diatas tadi, maka kalian bisa coba mengkombinasikan dengan umpan racikan saja.

Umpan Racikan Ikan Gurame Liar

Untuk beberapa pemancing yang sudah membuat umpannya berbahan dasar tepung terigu, nah untuk kalian yang ingin membuatnya juga maka siapkan dulu beberapa bahan ini:

  1. Tepung terigu.
  2. Fernipam/Pengembang Kue.
  3. Dan Masako Ayam.

Untuk membuatnya, pertama ambil gelas dan masukan air 2 sendok makan lalu masukan satu sendok teh Fernipam lalu adok sampai larut dengan air kemudian siapkan dulu wadah lalu ambil 3 sendok makan tepung terigu kemudian campurkan dengan satu sendok teh Masoka Ayam kemudian aduk dulu.

Terakhir masukan air yang sudah di campur dengan Fernipam tadi lalu aduk mengunakan tangan langsung.

Buatlah ukuran sebesar pensil atau pena lalu goreng dengan api yang kecil saja, untuk lebih jelas pembuatan umpan ini silahkan cek:

Untuk mengunakannya tinggal gunting sesuai dengan ukuran mata kail yang kalian gunakan, bila racikan umpan diatas belum cocok kalian bisa gunakan cara untuk membuat racikan dengan bahan Roti Crispy, untuk lebih jelasnya silahkan cek di link bawah ini:

Cara Buat Umpan Roti Keju Crispy

Bila umpan buatannya belum juga cukup kalian bisa mengunakan roti tawar, untuk cara membuat umpannya cukup di injak-injak sampai padat dan siap di gunakan untuk umpan ikan. Sampai disini selamat mencoba untuk memancing ikan gurame liar yang besar.