Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Mata Kail Belut Sendiri, Kuat, Tajam dan Keras

Membuat sendiri mata pancing untuk kail ikan belut, tidaklah sulit yang penting tau caranya, dan juga lengkap dengan bahan yang akan digunakan.

Sekaligus mengetahui cara mengikat senarnya nanti, dan yang sulitnya hanya mengerti sebatas memancing ikan belutnya saja.

Membuat sendiri mata pancing untuk ikan belut tidaklah sulit

Cara buat mata kail belut untuk yang lainnya seperti umpan ikan belut terbilang mudahlah untuk mencarinya, yang sulit ya itu membuat mata kail untuk memancingnya.

Mengunakan mata kail biasa dan sembarangan seperti bahan carbon memang bisa saja, tapi sayangnya terkadang pas strike maka menjadi lurus sendiri atau patah, jadinya kan gagal strike.

Tapi bila mengunakan mata kail pancing belut yang kuat dan tajam, seperti sebuah pertarungan kalau ikan belut kalah pastinya akan keluar dari lubangnya dengan tarikan.

Nah untuk membuat sendiri mata kailnya itu, cukup siapkan bahan untuk membuatnya yaitu jari-jari motor atau sepeda.

Sebagai saran gunakan jari-jari motor saja, sedangkan alat lain yang dibutuhkan adalah:

  • Oli Bekas.
  • Penokok / Palu / Godam.
  • Tang.
  • Kikir.
  • Dan gergaji besi.

Bila peralatannya sudah cukup, tinggal sesuaikan dulu untuk mata kail belut yang akan dibuat ukuran apa.

Rekomendasi tidak terlalu besar dan kekecilan, cukup sekedarnya saja.

Sebelum dipotong ukurannya, barulah buat dulu ukirannya mengunakan kikir seperti ujungnya yang runcing sebaiknya di tokok dulu tepat pada bagiannya.

Lalu lanjutkan dengan mengikir supaya tajam dan jangan lupa buat jangkarnya juga supaya tidak mudah lepas lagi ikannya.

cara membuat mata kail belut sendiri yang mudah dan simpel

Sesuaikan juga ukuran bundarnya dengan kikir, pas sudah terkesan cukup barulah dibuat modelnya mata kail pancing belut mengunakan Tang.

Setelah terbentuk, pastikan untuk membuat lubang atau penahan simpul senar dibagian atasnya untuk mengikat senar nantinya.

Setelah jadi mata kail pancing belut, supaya menjadi lebih keras dan tajam siapkan oli bekas dengan wadahnya.

Lalu bakar dulu di atas api boleh kompor biar cepat, karena apinya hijau pastinya akan lebih mudah sampai merah menyala pada warna mata kail.

Lalu celupkan di wadah yang sudah disiapkan oli bekasnya tadi, selanjutnya tinggal tunggu sampai mendingin lalu tes ikatkan senarnya.

Bila sudah terasa keras, kuat dan tajam silahkan cobakan untuk memancing ikan belut pastinya sudah tidak akan kuatir lagi dengan patah dan lurus mata kail pancing belut yang kalian gunakan.