Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kail Patah dan Senar Putus Saat Mancing Belut

Penyebab kail pancing belut patah saat memancing dilubang, atau mengalami senar yang putus juga sekalian mata kail lurus atau patah.

Sepertinya sering terjadi tapi belum tentu tau penyebabnya, karena bila sudah mengetahui permasalahannya pastilah tidak akan pernah terjadi hal demikian saat mancing belut.

Memancing ikan belut dilubang mengalami senar yang putus atau mata kail lurus dan patah

Penyebab kail patah atau senar pancing ikan belut putus kan kita taulah mancing belut itu dilubang, dimana ukuran besaran dan lubangnya pasti akan press dengan air.

Pas ditarik bobotnyapun akan bertambah kan, dengan begitu pastilah bisa ada kekurangan pada senar dan mata kail belut akan kalah.

Contohnya begini, pas tau umpan dimakan lalu masuk ke dalam dan ditarik keluar senar putus ya gagal kan?

Sama halnya seperti pas ditarik tapi lepas lagi belutnya, lalu liat mata kailnya menjadi lurus atau sudah patah.

Diatas kan sudah sedikit diulas, bahwa kekuatan belut didalam lubang pastinya akan bertambah.

Apa lagi terdapat oyot atau akar pepohonan, pastinya bagian ekor belut akan melintir dan kekuatan semakin bertambah kuat.

Bila senar atau mata kail yang digunakan tidak terlalu kuat, sudah bisa dipastikan akan putus dan patahkan, maka dari itu kita bahas dibawah nanti sekaligus mengakali supaya peralatan yang digunakan tidak mudah kalah.

Senar Yang Kuat Untuk Mancing Belut

senar pancing mudah putus saat digunakan untuk mancing belut

Masalah senar untuk mancing belut tidak bisa main-main, bila salah memilih pastinya dengan mudah untuk putus, maka dari itu sesuaikan ukuran saat memancingnya.

Untuk ukuran senar umumnya yang digunakan adalah 0.23 - 0.35 untuk yang sedang 0.45 - 0.60.

Sedangkan untuk ukuran babon dirawa tetap harus disesuaikan lagi, bila ukurannya besar seperti belut rawa.

Kecuali untuk belut sawah ya kalian bisa mengunakan yang biasa saja senarnya.

Mata Kail Pancing Yang Kuat Untuk Mancing Belut Di Lubang

mancing ikan belut pakai mata kail yang mudah lurus dan patah

Sedangkan untuk mata kail mancing belut kalian bisa buat sendiri atau langsung beli saja bila tidak ingin yang cepat patah dan lurus saat digunakan.

Karena kekuatan belut yang lumayan kuat bila didalam lubang, jadinya bila kalian pakai mata kail biasa pastilah kalah bila digunakan seperti jenis Carbon kebanyakan kalahlah dipakai untuk mancing dilubang belut.

Tapi bila yang dipakai adalah khusus mata kail belut sudah dipastikan akan kuat, karena memang itulah fungsinya jadi tidak akan mudah kalah saat digunakan.

Nah dengan berbagai pengalaman ini, pastinya kalian juga bisa mengetahui mengapa senar atau mata kail putus saat strike ikan belut untuk mancing.

Jadi usahakan untuk mengunakan yang tepat dan pas, seperti senar dengan ukuran dan juga mata kail yang kalian gunakan.

Dengan penyesuaian pastilah kalian tidak akan mengalami hal putus pada senar atau juga patah pada mata kail dan lurus saja. Sampai disini selamat mencoba dan salam Gentak.