Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Alami Ikan Betutu, Pakai Belalang atau Keong Cukup

Memancing ikan betutu mengunakan umpan alami pastinya lebih seru dan cepat dimakan.

Untuk yang paling pas adalah belalang, keong dan anak ikan air tawar walaupun masih banyak lagi umpan yang dipakai oleh pemancing lainnya tapi yang standart yaitu saja.

Memancing ikan betutu mengunakan umpan alami pastinya lebih seru

Hampir kebanyakan orang memancing ikan, pastinya akan mengunakan bermacam-macam umpan.

Sebelum kalian membuat umpan jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan betutu dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan betutu bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan betutu juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan betutu yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan betutu yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan betutu yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan betutu maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Jadi tak jarang juga lain umpan yang dipakai tapi tetap dimakan oleh ikan betutu sebut saja mengunakan Jangkrik.

Bukan hanya itu saja, terkadang pakai cacing juga tetap saja akan dimakan dan strike betutu jadi tak disangka-sangka ikan betutu juga mau makan Umpan Cacing.

Tapi saat memancingnya tidak bisa dipastikan, hanya betutu saja yang akan ditargetkan pastinya sembarangan ikan yang penting strike.

Nah untuk yang hanya ingin menargetkan mancing ikan betutu saja, cobalah untuk mengunakan umpan alaminya saja seperti:

  • Anak ikan kecil dan halus.
  • Ikan teri air tawar.
  • Belalang.
  • Capung Merah.
  • Dan bekicot / keong.

Cara mengunakannya juga simpel dan mudah untuk ditemukan, seperti anakan ikan kecil, cukup kalian cari saja mengukan perangkap ikan seperti Bubu Payung setelah ada isinya barulah diambil dan digunakan untuk mancing.

Sedangkan bila ingin mengunakan ikan teri air tawar, cukup dengan membelinya saja secara langsung kepada penjualnya.

mancing ikan betutu pakai umpan alami belalang

Yang agak sulit ditemukan adalah belalang dan capung merah.

Kalau belalang, masih terbilang cukup mudah untuk ditemukan selagi di tempat rerumputan yang banyak belalangnya pasti bisa ditangkap dan digunakan umpan.

Sedangkan capung merah, nah ini susahnya pastilah hanya beberapa saja yang kalian tangkap, bisa 1, 2 atau hanya 3 saja sekali dibawa ketempat mancing dan dipakai untuk umpan.

mancing umpan capung untuk ikan betutu pastinya strike

Tapi mengunakan umpan belalang dan capung merah terkesan sangat cepat untuk landed ikan betutu, jadi bila memancing di lokasinya maka tidak perlu waktu lama pastinya akan langsung disambar.

Sedangkan keong atau bekicot untuk umpannya, sudah pasti cepat juga namun terkesan rumit saat akan digunakan.

Karena harus menghancurkan cangkangnya dulu, setelah bisa diambil barulah dipotong-potong sesuai ukuran mata kail yang digunakan.

Nah beberapa umpan alami untuk mancing ikan betutu diatas silahkan dicoba dan pastinya nanti kalian akan tau kecepatan strikenya ketimbang mengunakan umpan anakan ikan untuk mancing ikan betutu.