Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Joran Pancing Yang Bagus, Fiber, Solid dan Carbon Kuat Kok!

Bahan dari joran pancing yang kita gunakan pastinya ingin yang baguskan, selain ringan digunakan juga kuat untuk strike ikan babon dan joran yang seperti ini sudah pasti harapan untuk digunakan.

Berbeda bila tanpa adanya daya dari bahan yang digunakan, bisa-bisa Joran Patah dan kesulitan untuk menyambungnya lagi, walaupun begitu semuanya tetap bisa fungsikan dengan baik selagi kita memahami semuanya.

bahan joran pancing yanh bagus

Walaupun terkadang sulit untuk diterka sebuah joran pancing yang kita gunakan untuk menjadi kuat, tapi setidaknya kita sudah bisa mengetahui bahannya dulu, karena tau inilah nantinya bisa diprediksi kekuatan saat digunakan.

Pada umumnya, yang membuat joran pancing ini patah dan tidak awet digunakan adalah kita sendiri, dimana mengunakan alat pancing tidak sesuai dengan keadaannya.

Contohnya begini, saat strike ikan babon dengan ukuran yang melebihi kapasitas joran yang harusnya dibantu dengan Grip dan Tang tapi tetap terus dipaksa tarik, jadinya wajarkan patah karena kalah kuat dengan bobon.

Tapi sebaliknya, bila mengunakannya tetap tenang dan santai biasanya bobot ikan yang melebihi menariknya biasa saja karena bisa mengunakannya.

Untuk kalian yang membutuhkan info seputaran bahan joran pancing yang biasanya digunakan, setidaknya ada 3 jenis saja yaitu:

  1. Full Fiber.
  2. Fiber Solid.
  3. Fiber Carbon.

Untuk ketiga jenis bahan joran diatas yang paling banyak digunakan adalah nomer 2 yaitu Fiber solid untuk detail selengkapnya sebagai berikut.

Detail Fiber Full

Untuk jenis joran fiber pertama ini biasanya paling banyak yang pakai untuk tajur rawa, danau dan sungai, pengunanya juga asli Angler karena terbiasa memancing.

Sedangkan bahan utama yang digunakan asli seluruhnya fiber, mulai dari bagian gagang hingga ujungnya semua pasti asli sepenuhnya mengunakan fiber.

Bila kekuatannya sudah tidak akan diragukan lagi, sudah banyak yang mengunakannya tapi tetap santai pengunaanya dan awet.

Kalau sudah sekali patah, sulit untuk disambung langsung bila patahan bukan pada posisi yang bisa disatukan lagi.

Selain itu jarang sekali Castinger mengunakannya, karena walaupun kuat terkesan berat untuk digunakan, tapi bila kalian mencari joran yang kuat dan tidak mudah patah ya ini pastinya, tapi yang lainnya juga pasti ada yang bisa diandalkanlah.

Detail Fiber Solid

Sedangkan untuk joran pancing solid, bukan sepenuhnya mengunakan Fiber tapi hanya hanya campuran saja, kurang lebih membuar fiber joran menjadi lebih kuat tapi ringan untuk digunakan.

Biasanya banyak Castinger yang mengunakan Joran Fiber Solid ini, karena kualitasnya memang sudah termasuk pas dan cukuplah untuk pakai.

Selain Castinger, Angler kolam pemancing juga banyak yang mengunakan joran fiber solid tapi ukuran yang digunakan biasanya hanya sebatas 120, 140 saja sedangkan lebih panjag dari itu jarang yang mengunakan.

Tapi perlu diperhatikan, karena hampir rata-rata joran fiber solid mengunakan pelampisan untuk memberikan warnanya jadi samar untuk diketahui keasliannya, jadi kalau salah dalam memilih penjualnya bisa saja itu bukan asli Joran Fiber Solid, jadi butuh keteliatan saat membelinya.

Detail Fiber Carbon

Nah kalau yang ini barulah kualitasnya bisa diandalkan dan sepenuhnya, karena kebanyakan yang mengunakannya adalah Castinger laut dan terbiasa berpenampilan Angler sejati.

Selain itu jarang juga penjualnya, walaupun ada pasti harganya lumayan mahal dan memang kualitasnya sudah diatas rata-rata.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa Fiber Carbon juga pastinya banyak yang mengunakan untuk Castinger gabus dan pemancing tajur juga yang terbiasa dikolam pemancingan.

Untuk kekuatannya, tidak akan diragukan lagi karena secara tester mampu mentiung habis tanpa patah.

Kalau sudah terjadi kesalahan dan patah tidak akan bisa disambung lagi karena bahannya tidak akan lengket bila terkena lem bakar ataupun alteco, juga terdapat Mamarit pada bagian ring ujungnya sehingga senar memang anti kriting bila mengunakan joran fiber carbon.

Kesimpulan
Pengunaan bahan joran diatas tinggal kembali pada kita sebagai pengunanya, bila cocok dengan fiber solid kemungkinan akan diteruskan dan sesuai dengan pengunaan.

Termasuk full fiber, bila memang kita sudah cocok dalam mengunakannya, sudah pasti tidak akan pindah untuk mengunakan fiber carbon.

Jadi bahan joran pancing terbaik tinggal kembali pada kita yang pakai, cocok ya digunakan kalau belum ketemu ya cari lagi, sampai disini semogga bermanfaat dan bisa membanti untuk kalian mendapatkan info seputaran bahan joran pancing fiber.