Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Patin Sungai Arus Deras, Keruh dan Jernih

Pada dasarnya ikan patin memang berada di arus deras, walaupun sesekali tetap strike pada bagian air yang tenang dan berarus sedang.

Tapi bila memancing di alam liar, sudah bisa dipastikan hanya yang diarus deras saja.

makanan kesukaan ikan patin arus deras

Kalaupun ada ikan patin dibagian air rawa-rawa, biasanya peliharaan diawal dan berkembang biak, bila di utamakan tetap saja air sungai habitatnya.

Selain arus deras, kebanyakan sarang ikan patin liar pada lokasi seperti ini mencari bagian sungai yang agak dalam dan banyak kayu-kayu pada dasarnya.

Nah karena banyak kayu inilah pemancing sedikit kesulitan untuk memancingnya, kalau dipaksakan sekali uncal waktu narik ngecek umpan langsung nyangkut, bila sudah seperti ini tinggal 2 kemungkinan saja yaitu lepas atau sekalian putus.

Tapi tetap bisa menyiasati bila spot mancing seperti ini, cukup memancing dari bagian atasnya saja namun dengan pilihan umpan yang tepat dan menarik perhatian untuk dimakan patin.

Bukan hanya melempar umpannya saja yang perlu disiasati, tapi juga rangkaian mata kail mengutamakan leader pada timah pemberat dan mengutamakan yang senar utama.

Bila untuk teknik dasaran biasanya akan memanjangkan jarak timah ke mata kail sampai setengah meteran, dengan trik inilah lebih optimal dalam pengunaan makanan kesukaan ikan patin arus deras.

Seperti yang kita ketahui tentang umpan yang sering digunakan untuk mancing ikan patin diarus deras, dan berbagai kondisi misalkan pada air yang jernih atau keruh.

Umpan yang digunakan pada air yang keruh memang netral bisa dipakai untuk yang jernih.

Tapi sebaliknya, bila umpan yang sudah terbiasa untuk air jernih dibawa ke air keruh ini belum tentu tetap dimakan, kebanyakan malah zonk saja.

Maka dari itu perlu di ketahui umpan untuk memancing ikan patin pada kadar air sungai, jadi bukan hanya mencari spot arus deras saja tapi jernih atau keruh harus dipertimbangkan.

Bila hanya untuk mengunakan umpannya saja, ada banyak sekali yang bisa digunakan seperti.

Air Keruh

umpan ikan patin air keruh

Beberapa umpan yang sering digunakan untuk mancing ikan patin pada air keruh:

  • Cacing kalung
  • Usus ayam
  • Buah pisang
  • Dan larva tawon.

Selain umpan diatas tetap bisa mengunakan yang biasanya dipakai pada air jernih, tapi harus diketahui dulu penyebab dan kadar keruhnya air.

Contohnya air keruh tapi tidak seberapa, terkadang disebabkan karena pembangunan proyek.

Bila tidak seberapa keruh umpan yang biasa dipakai tetap bisa, tapi bila penyebab keruh adalah habis hujan dan mesin dompeng emas ilegal tetap harus mengunakan umpan diatas karena tidak ada solusi yang lainnya.

Dengan beberapa umpan diatas, bisa dipastikan daya tarik dan aroma lebih kuat jadi tetap akan dimakan ikan patin.

Air Jernih

umpan ikan patin air jernih

Ada banyak sekali umpan ikan patin pada air jernih dan arus deras tapi tetap saja ada yang paling diutamakan untuk dipakai, sedangkan beberapa yang sering dipakai:

  • Bakwan
  • Godok-godok
  • Udang
  • Buah nangka
  • Buah ara
  • Tempe goreng
  • Dan cakui.

Bila udang juga bisa untuk air keruh tapi waktu dipakai harus kupas dulu kulitnya agar aroma semakin kuat.

Seperti yang sudah dibahas tadi, bila umpan yang untuk di air keruh tetap bisa dipakai pada air jernih untuk mancing ikan patin, tinggal sesuaikan kondisinya.

Sedangkan bila dibawa ke air keruh yang bisa mungkin hanya udang saja, untuk yang kebanyakan dipakai pemancing ikan patin arus deras dan jernih hanya tetap mengunakan umpan cakui karena tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Untuk pembuatan cakui ikan patin bisa cek pada video ini.

Selain umpan yang sudah disebutkan tadi, tetap kalian bisa pakai racikan atau yang tidak sengaja dipakai strike ikan patin.

Tinggal sesuaikan dengan kondisi kalian memancing saja lagi, Salam Gentak!

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Patin Sungai Arus Deras, Keruh dan Jernih"