Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Larva (anak) Tawon Ndas, Cara Mengunakan dan Mengambilnya

Umpan memancing ikan mengunakan larva atau anak tawon Ndas, sudah sangat banyak yang mengetahui, namun sayangnya masih banyak yang belum mengerti dan mengetahui cara mencari dan mengunakan.

Bila tidak tau cara mengunakan umpan anak tawon, biasanya lebih sering zonk dari pada strike kecuali spot yang dipancing memang sedang banyak ikannya.

Umpan memancing ikan mengunakan larva atau anak tawon Ndas

Maka dari itulah, sebelum kalian memancing ikan mengunakan Larva anakan tawon, alangkah baiknya mengetahui lebih jauh dulu tentang semua umpan ini.

Bila hanya untuk mengunakan, itu pasti mudah dilakukan tinggal cari sarang lalu ambil dan bawa mancing, tapi pas digunakan zonk atau strike.

Bila strike biasa ikan yang memakan umpan larva anak tawon ini sangatlah banyak dan besar, contoh beberapa ikan yang ganas memakan umpan ini adalah:

  • Ikan hampala
  • Ikan gabus
  • Ikan toman
  • Ikan sengerat
  • Ikan patin
  • Ikan juaro
  • Ikan baung
  • Ikan lele
  • Dan ikan belut.

Sesuai dengan pengalaman pribadi, ikan diatas yang pernah kami pancing mengunakan larva anak tawon.

Tapi ada beberapa teman yang mengeluhkan setiap mengunakan umpan tersebut malah zonk, bahkan tiap dipakai tidak pernah dapat ikan kecuali yang kecil-kecil saja itupun tidak nyangkut ke mata kail karena ukuran lebih besar yang digunakan.

Nah beberapa hal yang harusnya kalian ketahui bila akan mengunakan larva anak tawon ini, dari mulai pertama mengambil sarangnya.

Cara Mengambil Sarang Tawon Untuk Umpan

cara mengambil sarang tawon untuk umpan

Biasanya yang mengambil larva anak tawon dari sarang akan dibakar terlebih dahulu, walaupun begitu cara mengambil sarang tapi harus ada yang diperhatikan.

Untuk mengambil jangan membakar dari bagian bawah, nanti bagian sarang akan ikut terbakar, jadi cukup usahakan dari bagian samping saja supaya tawon pergi dan sarang bisa diambil.

Jangan juga langsung mengepasi dari bawah sehingga sarang akan berwarna hitam karena asap, sama dengan membakar tadi dari bawah.

Pengunaan cara diatas ini tidak benar untuk umpan mancing, kecuali untuk kebetuhan lain.

Larva anak tawon yang terkena panas api dan hitam karena asap, itu akan mempengaruhi aroma saat akan digunakan nanti, jadi wajar dengan cara diatas umpan yang dipakai tidak akan dimakan ikan.

Yang sesuai cara mencari umpan, cukup hidupkan api dari bawah dengan memberikan asap yang banyak saat tawon pergi baru diambil, jadi tidak merusak aroma pada larva anak tawon.

Cara Mengunakan Umpan Anak Tawon

cara pasang umpan anak tawon

Untuk mengunakan cukup di cantelkan ke mata kail 1 tusukan menembus saja, jadi bisa sekali pakai 2 atau 3 larva anak tawon yang dipasang.

Jangan tusuk melalui bagian atas atau bawah langsung menembus ujung, karena nanti isi dalam larva anak tawon akan keluar bercampur dengan air, jadi kempes maka dari itu sebelum dipakai harus siram dulu dengan air panas.

Tujuan penyiraman ini supaya bagian dalam membeku dan tidak hilang saat sudah dicantelkan ke mata kail dan terendam ke air, dengan begitu bila sudah ketemu ikan jelas akan dimakan.

Racikan Umpan Ikan Pakai Anak Tawon

racikan umpan pakai anak tawon

Cara ini pernah kami gunakan untuk meracik umpan ikan mas dengan anak tawon, hasil pancingan tetap standart seperti biasa saja, tapi ada beberapa teman yang mengunakan untuk Galatama lele hasil ikan cukup lumayan.

Nah bila kalian ingin membuat racikan untuk ikan mas seperti yang pernah kami gunakan, siapkan beberapa bahan dibawah ini:

  • 2 Bungkus Pelet 313
  • 1 Bungkus Keju Kraf
  • 1 Kaleng Sunbell
  • 1 Butir Kuning Telur Bebek Asin Matang
  • Dan Larva Tawon Secukupnya.

Untuk membuat seperti biasa, parut dulu keju kraf langsung masuk ke wadah lalu campur dengan 1 bungkus pelet 313 dan kuning telur asin lalu adok rata.

Kemudian masukan larva tawon ke blender dengan menambahkan air seperempat gelas saja, setelah halus campur ke wadah pelet dan aduk.

Bila pulen siap untuk digunakan, kalau agak benyek tambahkan sisa 1 bungkus pelet 313 tadi secukupnya sampai racikan menjadi kalis.

Kalau untuk Galatama lele siapkan bahan dibawah ini:

  • 5 Sendok Makan Pelet Pakan Ikan
  • 1 Ons Ebi (udang kering)
  • 1 Butir Kuning Telur Bebek
  • Dan Larva Anak Tawon Secukupnya, Makin Banyak lebih bagus.

Untuk membuat, pertama masukan pelet ke wadah dan siram air panas secukupnya dan aduk supaya benyek.

Selanjutnya masukan larva anak tawon dan 1 ons ebi ke blender, lalu putar bila terlihat agak halus hentikan dulu untuk memasukan kuning telur bebek, kemudian putar sampai terlihat berbusa.

Tinggal campurkan ke pelet pakan ikan utama tadi, aduk sampai merata dan lihat menjadi pulen atau benyek.

Kalau benyek tambahkan pelet pakan ikan bertahap sampai racikan umpan ini menjadi pulen, bila sudah selesai berarti siap untuk digunakan mancing ikan lele galatama mengunakan larva anak tawon. Salam Gentak!

Posting Komentar untuk "Umpan Larva (anak) Tawon Ndas, Cara Mengunakan dan Mengambilnya"