Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelet Tongwei, Umpan Mancing Berbagai Jenis Ikan

Pelet tongwei, biasanya banyak dipakai untuk racikan umpan ikan mas, nila, patin dan gurame, sedangkan untuk pemancingan yang lain tetap saja bisa terutama umpan ikan liar.

racikan umpan mengunakan pelet tongwei

Dibeberapa sosmed terhitung dari artikel ini diterbitkan 02 Juli 2022, racikan umpan mengunakan pelet tongwei lagi viral dan banyak dibahas.

Padahal sejak beberapa tahun yang lalu memang pelet ini sudah digunakan, termasuk untuk racikan dengan beberapa campuran sesuai dengan ikan yang akan dipancing.

Tapi sayangnya dibeberapa lokasi kolam pemancingan justru pelet tongwei tidak boleh dipakai, walaupun secara umum ini pakan ikan agar cepat besar dan lebih nafsu makan.

Sebagian pemancingan beranggapan pakan ikan ini sama dengan pelet babi, maka dari itu pemilik kolam tidak boleh pakai racikan berbahan ini, kalau alasan yang jelas sepertinya kurang tau deh.

Tapi jelas pelet tongwei adalah pakan ikan, sesuai dengan modelnya seperti yang untuk ikan patin, maka tidak bisa digunakan untuk pakan ikan nila, mas dan lainnya.

Jadi pengunaanya harus khusus dan sesuai dengan jenis pelet tongwei yang digunakan.

Termasuk bila kalian ingin meracik umpan dengan pelet ini, saat dibeli harus disesuaikan dengan jenis ikan apa yang akan dipancing.

Jadi mengunakan pelet tongwei untuk meracik umpan, cukup tinggal ganti saja yang biasanya kita gunakan seperti:

  • Pelet joss
  • Pelet Djempol
  • Pelet 313
  • Pelet Paikin
  • Pelet kinoy
  • Dan pelet lainnya.

Sedangkan bahan lain yang akan digunakan tetaplah sama saja, tinggal cukup menganti bahan peletnya saja.

Misalkan untuk ikan mas, pastinya kalian membutuhkan campuran telur asin, sunbell, kinoy pengeras dan kroto sedangkan jenis pelet ya tinggal pakai saja tongwei.

Termasuk ulam gara, dan berbagai bahan untuk ikan patin tetap sama saja cukup mengantinya.

Sedangkan bila digunakan secara murni pelet tongwei saja, nah baru jadi pertanyaan gacor atau nggak.

Bila untuk ikan liar seperti di rawa dan sungai jelas bisa saja dioptimalkan, sedangkan untuk kolam pemancingan pastinya tetap jadi tanda tanya bisa iya atau tidak.

Tapi masih tetap bisa jadi bahan tester saja, bila cocok ya dipakai terus sedangkan zonk ya racik atau abaikan saja.

Jadi keutamaan pelet tongwei untuk meracik umpan ikan kolam hanya itu saja, menganti bahan bukan memang bagus dipakai karena sedari dulu memang ini adalah pakan ikan peliharaan agar terus besar dan ada makanannya.

Bukan karena ini umpan pelet top markotop ya, jadi jangan salah tanggap bila kalian mencari info seputaran racikan mengunakan umpan pelet tongwei, tapi cukup sebatas menganti saja.