Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Hampala, Pakai Minnow Atau Alami Ya?

Eh pengen tau umpan alami dan Minnow yang cocok untuk mancing ikan kebarau atau Hampala?

Kalau iya, kebetulan ini kita satu hobi karena dilokasi daerah kami yang banyak itu jenis ikan bersisik diair deras ya seperti Hampala dan Masheer (semah) lah.

daerah kami yang banyak itu jenis ikan bersisik diair deras ya seperti Hampala dan Masheer

Untuk yang membutuhkan nama umpannya, kemungkinan kalian juga sudah taulah untuk memancingnya termasuk jenis Umpan Tiruan Minnow.

Sebelum kalian membuat umpan jitu untuk mancing hampala, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan hampala sebarau dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan hampala bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan hampala juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan hampala ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan hampala yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan hampala yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Tapi kalau cara khusus memancing ikan jenis kebarau, kalian juga bisa mengecek artikel sebelumnya yang lebih lengkap disini: Teknik Mancing Ikan Hampala.

Sedangkan bila hanya mencari info seputaran Umpan Ikan Hampala, tinggal disesuaikan saja dulu untuk teknik yang akan di gunakan.

Mau umpan alami untuk memancing tajur, atau dengan Lure Minnow bila casting.

Kan tidak mungkin lah yang alami kalian pakai untuk casting, bisa saja sih tapi salah-salah malah bisa saja terlepas karena terbawanya arus deras dilokasi mancing hampala ini.

Bila sudah memikirkan untuk pengunaanya, berikut umpan alami yang biasanya digunakan untuk mancing ikan hampala:

  • Anak ikan.
  • Lipas kayu.
  • Udang sungai.
  • Dan cacing kalung.

4 umpan alami diatas yang paling sering kami gunakan, dan tidak akan ada yang meleset.

Terutama pas sekali mancing mengunakan joran sampai 5 lebih pastinya bermacam-macam umpan akan digunakan.

umpan alami diatas yang paling sering kami gunakan dan tidak akan ada yang meleset

Sedangkan bila casting, pribadi kami biasanya cukup untuk mengunakan beberapa jenis umpam tiruan seperti:

  • Minnow.
  • Metal Jig.
  • Ultra Jingging.
  • Dan juga bulu ayam.

Untuk yang jarang meleset dipakai adalah bulu ayam dan juga Metal jig.

Tapi teman-teman sesama mancing hampala juga ada yang pakai minnow dan ultra jingging, tapi belum ada yang pakai soft frog sih.

umpan casting ikan hampala pakai minnow dan jig

Satu-satunya umpan tiruan yang jarang meleset itu ada dibulu ayam, tapi tidak sembarangan memilihnya harus yang berwarna hitam bercampur dengan kuning atau orange.

Jadi beberapa umpan diatas, bisa kalian coba dan yang mana paling disukai dan mudah untuk didapatkan.

Juga tergantung teknik memancingnya, tapi sebagai saran gunakan saja semua tekniknya seperti tajur yang dipasang dan ketimbang suntuk hanya menunggu sambilan untuk casting.

Bila pas dikesting dapat ikan, mana tau tak berselang lama yang ditajur juga dimakan jadinya hari mancing ikan hampala sedang hoki banget pakai umpan tiruan dan alami ikan hampala.