Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia 5 Umpan Jenis Ikan Putian, Pasti Strike !

Mancing ikan putian memang membutuhkan umpan, kalau pas yang digunakan hoki ikannya tidak akan berhenti untuk memakan pancing yang kita pakai.

Sebelum kalian membuat umpan jitu untuk ikan putian, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat dan sesuai.

Bila sudah, baru ditentukan untuk umpan mancing ikan putian dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan putian bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan putian juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan putian ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan putian yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita buat.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Tapi ada banyak yang masih salah mengunakannya, maka dari itu harus tepat untuk membuat dan mengunakannya supaya pas mancing bisa strike sebanyak mungkin.

Mancing ikan putian memang membutuhkan umpan

Pada umumnya, putian termasuk mudah untuk di pancing karena pastinya ini adalah ikan dialam liar.

Dengan begitu bila mancingnya mengunakan umpan buatan, dan racikan akan lebih tepat lagi ketimbang mengunakan alaminya.

Untuk yang mungkin biasanya mancing ikan jenis putian mengunakan umpan biasa, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat saja sendiri, mana tau nanti pas untuk digunakan.

Nah beberapa umpan yang biasanya dimakan jenis ikan putian ini setidaknya ada beberapa macam dengan berbahan:

  1. Mie instan.
  2. Tempe.
  3. Roti.
  4. Ubi jalar.
  5. Kulit dan Usus Ayam.

Beberapa umpan diatas, terbiasa digunakan untuk mancing putian tapi perlu diperhatikan juga jenis ikannya yang berada di lokasi spot untuk disesuaikan dengan yang akan diracik.

Tapi umumnya, hampir rata-rata ikan bersisik putian tetap akan memakan umpan diatas tinggal sesuaikan saja supaya lebih joss.

umumnya hampir rata-rata ikan bersisik putian tetap akan memakan umpan diatas tinggal sesuaikan saja supaya lebih joss

Untuk meracik yang pertama, bisa mengunakan beberapa bahan seperti Mie Instan 1 bungkus, Kuning telur, Vanilli dan kunyit bubuk.

Untuk membuatnya, juga simpel tinggal giling atau blender halus dulu mie instannya lalu masukan ke wadah dan campurkan kuning telur, vanilli dan kunyit bubuk.

Lalu aduk sampai rata atau penyet-penyet mengunakan tangan didalam plastik setelah pulen umpan siap untuk digunakan.

Selanjutnya juga bisa mengunakan Umpan Tempe, untuk membuatnya pertama siapkan kurang lebih sebesar telapak tangan lalu giling sampai halus, bila agak keras beri beberapa sendok makan air supaya mudah lembut.

Bila sudah halus, giling ditempat terpisah 3 siung bawang Putih dan Kunyit biasa atau bisa juga mengunakan bubuk dan Royco Ayam.

Satukan beberapa bahan ini dan giling sampai halus, lalu campurkan ke Tempe yang sudah dihaluskan terlebih dahulu tadi dan aduk-aduk lagi sampai merata.

Bila sekiraanya merata, umpan sudah siap untuk kalian gunakan tapi perlu diperhatikan bila mengunakan bahan tempe ini karena bila adonannya tadi keras dibutuhkan air supaya lebih pulen.

Bila terlalu keras nanti sulit untuk dikaitkan ke mata kail karena pastinya ukuran mata kail pasti kecil kan!

Untuk umpan selanjutnya ikan putian pakai roti, ini termasuk yang paling tepat dan banyak digunakan.

Ada beberapa pilihan untuk bahan roti yang akan digunakan seperti Crispy Keju atau Biskuit Klik dan pembuatanya juga sama saja yaitu dengan menambahkan kuning telur saja.

Kurang lebih pembuatannya seperti ini, pertama ambil 6 atau 7 lembar roti yang akan digunakan lalu giling halus dan campurkan kuning telur 1 butir saja.

Lalu masukan dalam plastik kemudian penyet-penyet sampai pulen dan siap untuk kalian gunakan.

racikan umpan pakai ubi jalar ungu yang ampuh dan banyak dapat ikan

Untuk pembuatan selanjutnya, mengunakan Ubi Jalar racikan ini sangat banyak digunakan untuk mancing jenis wader babon dan sebagainya.

Untuk membuatnya juga mudah, tinggal kukus terlebih dahulu sampai lembut lalu masukan ke wadah dan tumbuk mengunakan botol.

Setelah halus dan lembut tinggal tambahkan saja 1 butir kuning telur bebek, lalu aduk mengunakan botol tadi supaya merata dan siap untuk digunakan mancing.

Perlu diperhatikan pengunaan ubi jalarnya jangan sembaran cukup pakai yang warna ungu atau orange jangan pakai yang putih atau kekuningan.

mengunakan umpan kulit atau usus ayam, untuk ke dua umpan ini biasanya digunakan untuk mancing

Dan selanjutnya mengunakan kulit atau usus ayam, untuk ke dua umpan ini biasanya digunakan untuk mancing Ikan Lampam juga masih satu jenis dengan putian.

Untuk mengunakannya, malah terkesan mudah cukup beli saja kulit ayam lalu cincang supaya sesuai dengan ukuran mata kail atau bisa langsung bawa mancing dan potong mengunakan gunting.

Sedangkan bila mengunakan usus ayam, sebaiknya masukan langsung melalui mata kail sampai membuat simpul pada senar untuk mengunci dengan panjang sejengkal tangan dan mata kail dibagian ujungnya, agak ribet pemasangannya bila belum ngerti kurang lebih seperti video dibawah ini:

Nah diatas adalah beberapa umpan untuk kalian gunakan saat mancing putian, sedangkan bila ada ketidak cocokan dipakai harap ketahui dulu jenis ikannya karena hampir kebanyakan pemancing ya memang umpan diataslah yang dipakai dan hasilnya joss sudah deh!