Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Racikan Umpan Mancing Mengunakan Mie Instan

Mancing mengunakan mie instan melalui racikan atau pengunaan langsung memang kerap kali sering digunakan, hanya saja terkadang yang mancing belum begitu bisa membedakan target ikan yang tepat.

Sehinggasehingga saat digunakan seringkali dapat ikan yang bukan ia target padahal umpan yang digunakan belum tentu pas saat digunakan.

Mancing mengunakan mie instan melalui racikan atau pengunaan langsung

Maka dari itu, bila kita mengetahui pembuatan racikan umpan mengunakan mie instan sebaiknya pergunakan dengan tepat target ikannya.

Sebelum kalian membuat umpan jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mie instan untuk mancing ikan dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan hanya umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita buat.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Bila racikannya sudah pas dan saat digunakan maka yang bulak-balik kita strike ya ikan itu saja walaupun kadang ada ikan jenis lainnya tapi tidak akan terlalu sering.

Lebih jelasnya bila mengunakan umpan mie instan ini, target ikannya tidak akan jauh dari ikan yang bersisik seperti:

  • Nilem.
  • Tawes.
  • Wader.
  • Dan lampam.

Walaupun ada jenis ikan yang lainnya, tetap saja akan bersisik karena pada umumnya ikan bersisik selalu menyukai umpan yang berroma khas dan unik.

Termasuk Ikan Mas, Nila dan Mujair tetap saja mau memakan umpannya racikan dengan bahan dasar mie instan ini.

Bila kalian ingin mencoba membuat racikan umpannya.

Silahkan coba benerapa bahan yang sering kami gunakan lengkap dengan target ikan yang menjadi sasarannya.

Umpan Ikan Tawes Pakai Mie Instan

racikan umpan untuk mancing ikan tawes

Untuk membuat umpannya, silahkan siapkan dulu benerapa bahan yang akan digunakan seperti:

  1. 1 Bungkus Mie instan goreng.
  2. 1 Tempe.
  3. 3 Butir Bawang putih.
  4. 1 Bungkus Royco ayam.
  5. Dan 1 bungkus bubuk kunyit.

Untuk membuatnya pertama ambil dulu batu gilingan yang biasanya digunakan ibu-ibu untuk ngulek.

Lalu ambil tempe kira-kira sebesar tangan lalu tumbuk sampai lembut.

Setelah terlihat lembut, keluarkan mie instan lalu blender supaya halus lalu campurkan ke tempe tadi dan tumbuk sampai rata.

Kemudian giling bawang putih sampai halus dan campurkan Royco ayam dan setengah bungkus kunyit bubuk lalu aduk bersamaan dengan mie instan dan tempe tadi sampai merata.

Setelah rata umpan siap untuk kalian gunakan, pengunaanya pun sederhana cukup di ambil dikit dan puntir-puntir bulat dengan mata kail lalu siap untuk kalian pakai.

Untuk lebih jelasnya dengan pas pembuatan umpan silahkan cek artikel dibawah ini:

Umpan Ikan Tawes

Bila sudah paham tinggal coba buat saja dan pas kan dengan targetnya, misalkan kalian ingin mencoba ke ikan lainnya coba mengunakan racikan selanjutnya.

Umpan Ikan Nilem Pakai Mie Instan

racikan umpan untuk mancing ikan nilem

Untuk membuat umpan ikan nilem terbilang cukup mudah, karena kebanyakan pemancing hanya mengunakan beberapa bahan saja yaitu: Mie instan dan Minyak Sawit saja.

Untuk membuatnya pertama kalian harus memiliki minyak sawitnya bila belum ada bikin saja sebentar karena tidak sulit kok.

Cukup kalian siapkan dulu buah sawitnya kira-kira 10 buah saja lalu ambil kuali dan isi air cukup banyak dan masak sampai mendidih sambil di letakan buah sawit saat memasaknya.

Setelah warnanya berubah kuning pekat ambil kain yang tebal lalu pisahkan antara biji dan kulitnya.

Setelah terpisah ambil wadah untuk menampung minyak sawit lalu peras sekuat-kuatnya sampai kering dikulit sawitnya tadi, setelah cukup minyaknya tinggal racik mengunakan mie instan.

Untuk membuatnya pertama blender mie instannya sampai halus, bila tidak ada blender cukup digilang saja sampai halus kemudian masukan ke wadah lalu tambahkan minyak sawit tadi dengan takaran 1 bungkus mie instan.

Campurkan 3 sendok makan lalu lumat mengunakan tangan sampai kenyal, untuk melihat umpan nilem lainnya bisa cek pada artike kami sebelumnya dibawah ini:

Umpan Ikan Nilem

Jadi simpelkan pembuatan umpan ikan nilemnya mengunakan mie instan ini, tapi ya itu harus di sesuaikan dengan tepat target ikannya jangan sampai salah target mengunakan umpan racikan ini.

Bila target ikannya masih lain kalian bisa lihat juga pembuatan racikan untuk ikan lainnya.

Umpan Ikan Wader Pakai Mie Instan

racikan umpan untuk memancing ikan wader sungai dan rawa

Bila untuk umpan ikan wader ini terbilang sangat simpel dan mudah karena ikan wader termasuk yang paling mudah dipancing.

Bila kalian ingin mengunkan mie instan tidak perlu mengunakan racikan dengan bahan lain, cukup kalian gunakan saja langsung mie instannya.

Untuk menyiapkan mie instan sebagai umpannya tinggal kalian keluarkan mie instannya lalu rendam dengan air panas supaya kenyal.

Untuk mengunakan cukup di potong mengunakan kuku jempol saja seukuran mata kail, bila umpan mie belum cocok tinggal cek artikel lainnya:

Umpan Ikan Wader

Tapi untuk mudah dan cepat digunakan untuk mancing ikan wader ya pakai mie ini, sedangkan yang lainnya ada juga pakai racikan.

Bila umpan ini belum pas untuk target ikan yang biasanya kalian pancing, coba juga pakai yang lainnya juga targetnya yang tepat.

Umpan Ikan Lampam Pakai Mie Instan

racikan umpan mancing ikan lampam

Kalau ikan lampam tau sendirilah, pakai umpan mie instan paling cepat di makan pembuatannya juga cukup mudah hanya membutuhkan racikan hanya mie instan soto dan tempe tanpa campuran bahan lainnya juga pas.

Untuk membuatnya tetap sama seperti pertama tadi, cukup haluskan dulu mie instannya lalu tambuk tempe kurang lebih sebesar telapak tangan saja.

Tempe yang digunakan, setelah ditumbuk halus tinggal campurkan mie lalu giling sampai rata.

Setelah selesai di giling tadi, pindahkan racikan umpan yang telah siap ke plastik kiloan yang kuat lalu masukan minyak mie instan sotonya dan lumat mengunakan tangan.

Supaya campuran minyak merata ke semua umpan, setelah kenyal ya umpan siap untuk kalian gunakan, bila ingin mencari racikan lain untuk lampam silahkan cek disini:

Umpan Ikan Lampam

Nah beberapa racikan umpa mengunakan mie instan diatas yang termasuk sangat sering digunakan.

Tapi sayangnya ya itu terkadang kebanyakan yang mancing kurang pas saja untuk memilih target ikannya.

Bila sudah pas seperti ini, ya kalian bisa coba sendiri untuk memancingnya.

Kesimpulan
Beberapa umpan mie instan tadi berdasarkan pengamalan yang sering digunakan saat memancing, sesuai dengan ikan apa yang ditargetkan saat memancing jadi sesuai dengan apa yang kalian akan pancing mengunakan racikan diatas tadi.