Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Ikan Patin Sungai, Pakai Ini Dijamin Strike!

Umpan untuk memancing ikan patin sungai, terkesan mudah selagi tetap dispot habitatnya asal mau pakai umpan dan lempar pasti strike.

Kecuali bila mancing di alur lewatnya saja, ya memang kadang dapat dan malah sering tidak kenanya karena hanya untuk ikan patin main saja.

Umpan untuk memancing ikan patin sungai, terkesan mudah selagi tetap dispot habitatnya

Jadi untuk yang hobi mancing ikan patin bukan umpan saja yang mesti kalian pikiran, tapi tempatnya juga harus dipositifkan bahwa itu tempatnya.

Sebelum kalian membuat umpan jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan patin sungai dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan patin sungai bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan patin sungai juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan patin sungai yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan patin yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan patin sungai yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan patin sungai maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan patin sungai, adalah ikan arus deras hingga sedang tapi terus mengalir, dengan begitu keberadaanta sering didapat tapi tidak terlihat!

Kalian mungkin pernah melihat ikan petin, meloncat kepermukaan air atau celup dan nampak.

Mungkin kalian berpendapat bahwa disekitar situ tempatnya, padahal bukan itu lokasi tempatnya melewati saja atau lokasi tempat mainnya dan jarang mau makan dilokasi seperti itu.

Untuk tempatnya ikan patin itu sederhananya seperti ini, tidak pernah nampak tapi didapat kena mata kail dispot tersebut.

Masalahnya, kalau di tempat aslinya tidak akan banyak bergerak apa lagi sampai meloncot ke permukaan air.

Sedangkan umpan andalan yang biasanya digunakan untuk ikan patin sungai adalah:

  • Cacing kalung.
  • Buah Sawit.
  • Buah Nangka.
  • Ulat Bambu.
  • Roti tawar.
  • Bakwan.
  • Dan Cakui.

Selain umpan alami yang kami sebutkan diatas, kalian bisa juga memancingnya mengunakan Lempeng Pelet tapi standartnya cukup gunakan cacing kalung yang besar saja.

Jadi cukup pasang ke mata kail yang kalian gunakan pas 1 ekor besar sekali pakai.

Sedangkan bila mengunakan umpan buah yang cocok adalah sawit, walaupun kalian juga bisa mengunakan Nangka tapi tetap jarang dipakai karena selain ikan patin tidak akan ada yang lainnya akan memakan umpan ini.

umpan yang cocok untuk mancing ikan patin

Sedangkan roti tawar dan cakui, ini adalah yang paling banyak digunakan pemancing untuk umpan patin sungai, cukup tinggal gunting-gunting sesuai ukuran lalu pasang dan lempar.

Tapi bukan hanya beberapa umpan diatas saja yang menjadi langganan untuk digunakan, tapi bakwan juga pastinya banyak yang pakai.

Tapi sayangnya, kalau pakai umpan bakwan goreng ini terkadang ikan Patin Juaro / Bengak juga mau makan umpan ini jadi bila kalian gunakan bisa jadi strike diantara ke 2 ikan tersebut.

Jadi simpelnya mancing patin sungai hanya ada disitulah, mengunakan umpan bisa pakai yang alami dan pasti dimakan walaupun ada yang cepat dan juga lambat.

Berbeda dengan patin kolam, karena sudah terbiasa dikasih pakan pelet jadi harus mengunakan umpan racikan walaupun mau yang alami tapi tidak seganas yang disungai lagi.

Nah untuk kalian yang memang sudah terbiasa untuk mancing jenis ikan ini pastinya tidak akan memikirkan umpan yang jauh-jauh lagi, hanya saja terkadang masih tetap ingin mengetahui umpan ikan patin sungai yang lainnya mana tau bakal strike lebih ganas lagi!