Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan, Begini Cara Untuk Mengatasinya!

Mancing ikan nila, mengunakan umpan apa saja tidak mau dimakan baik mengunakan racikan dan berbagai Essen tetap saja tidak mau, kira-kira ini penyebabnya apa ya?

Permasalahan ikan nila yang tidak nau memakan umpan ini ada banyak penyebabnya, tapi yang utama hanya ada beberapa saja dan ada yang mudah bisa diatas ada juga sangat sulit.

penyebab ikan nila tidak mau makan umpan

Tingga lihat dulu lokasi pemancingannya, misalkan tempat kalian memancing dikolam sudah jelas penyebabnya yang di alam liar akan berbeda, walaupun sedikit ada kesanaan pastinya itu tidak akan sama.

Jadi bila ingin mencari penyebabnya ya harus disesuaikan dulu dengan tempatnya, karena pastinya ada penyebab dan sulit untuk mencari tau permasalahannya bila tidak bisa disesuaikan lokasinya.

Kalau untuk pribadi kami sebagai pemancing, bulak-balik mengalami ikan nila yang nggak mau makan umpan, mulai dari yang di alam liar atau dikolam.

Sesudah dipikirkan permasalahannya dan dicoba berhasil, mancingnya ya biasanya saja tapi bukan hanya untuk kita sendiri, termasuk teman mancing yang lainnya juga kebagian asalkan mengunakan umpan yang sama, bila permasalahannya pada umpan.

Terkadang ada juga masalah pada tempatnya, bila sudah teratasi pastinya semua juga tetap dapat mengunakan umpan masing-masing.

Nah untuk penjelasannya secara mendetail sesuaikan dulu dengan lokasinya.

Ikan Nila Liar Tidak Mau Makan

Bila yang dipancing nila liar, tapi tidak mau makan umpan penyebab pertamanya adalah cuaca dan suhu air berubah tapi ini hanya beberapa hari saja begitu cuaca mulai panas lagi akan kembali mau makan.

Masalah tentng cuaca hampir rata-rata ikan liar bila suhu air menjadi dingin tidak akan mau makan umpan, yang lebih parah malam hari tidak ada waktu untuk diulangi lagi, untuk mengatasinya ya jangan mancing saat sudah hujan atau masih mendung dan tunggulah panas lagi.

Selain itu ada juga masalah sudah terlalu banyak umpan yang lebih disukai ikan nila dalan air, contohnya seperti Lumut dan Kangkung, jadi umpan apapun yang dipakai tidak akan ada respon, mengatasinya gunakan racikan yang lebih hoki lagi.

Dan yang terakhir adalah ada pemancing yang mengunakan Umpan Yang Dilarang lalu ikan nila strees dan lemas, permasalahan seperti ini butuh waktu yang lama untuk kembali normal lagi, walaupun umpan tersebut dipakai lagi tetap makin strees ikannya.

Ikan Nila Kolam Tidak Mau Makan

Sedangkan untuk yang dikolam, permasalahan pertamanya sama seperti diatas tadi mengunakan umpan yang boleh digunakan seperti Temblang Susu dan Pelet Babi jelas dilarang karena akan membuat ikan nila tidak mau makan pakan apapun termasuk pelet apung yang biasa digunakan.

Selain itu bisa juga melalui rembesan air, contohnyo begini misalkan kolam pemancingan tersebut terembeskan pupuk atau air bekas Deterjen / rinso dan sebagainya, akhirnya menjadi sress juga, penyebab ini jarang tapi tetap bisa tanpa disadari misalkan didekat kolam ada pohon yang dipupuk.

Untuk yang terakhir adalah kecurungan bila di kolam pemancing, ini jarang terjadi tapi tetap bisa saja karena sifat orang tidak ada yang tau, contohnya begini umpan pakan yang biasanya diberikan lalu dimasukan ke 10 plastik kiloan dan diisi dengan pakannya, lalu dibuatlah lubang-lubang dan dimasukan ke dalam air.

Jelas ikan nila tidak mau makan umpan yang dipakai, karena sudah ada pakannya dalam air ini jarang terjadi tapi bisa saja ada yang bersifat demikian.

Beberapa permasalahan diataslah yang sering terjadi pada ikan nila yang tidak mau lagi makan umpan tapi tetap bisa diakali.

Mengatasi Ikan Yang Tidak Mau Makan Umpan

Untuk mengatasi supaya ikan nila mau makan umpan cukup mengunakan racikan yang mengandung perangsang nafsu makannya, ada banyak Essen yang mengunakan zat ini.

Untuk yang sedang banyak digunakan adalah Protein Powder Amino, dengan meracikan umpan dengan ini sudah jelas ikan nila jadi lebih ganas memakan umpan yang kita buat.

Tidak perlu mengunakan bahan yang aneh-aneh, cukup gunakan saja pelet joss dan dicampurkan Protein Powder Amino sudah jelas akan tetap dimakan oleh ikan nila bahkan untuk pemilik kolam sekalipun juga banyak yang mengunakannya karena ikan nila akan lebih cepat berkembang dan besar.

Nah bila kalian sedang memikirkan cara mengatasinya, cobalah dengan mengunakan ini sudah jelas nantinya akan tetap jadi hoki juga umpan yang digunakan.