Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Gabus Yang Susah Makan, Coba 3 Cara Ini!

Umpan untuk mancing ikan gabus yang sedang susah makan terbilang memang perlu dipikir dengan tepat, masalahnya bila tanpa trik dan umpan yang tepat hasilnya tetap pasti sama saja.

Seperti yang kita ketahui, saat mancing bila ikannya Susah Makan Umpan sudah pasti hasilnya akan zonk terutama ikan gabus.

Karena pada umumnya ada beberapa penyebab yang membuat Ikan Gabus tidak mau memakan umpan yang kita gunakan, maka dari itu bila ingin memancingnya bukan hanya kalian butuh mengetahui umpannya saja tapi trik juga sangat dibutuhkan.

umpan ikan gabus susah makan

Selain umpan, yang harus kalian ketahui lebih jauh adalah penyebabnya mengapa ikan gabus tidak mau makan pasti ada permasalahan seperti:

  • Sudah banyak makanan alami yang tersedia dihabitatnya.
  • Umpan yang digunakan terlalu sering jadi buat ikan gabus tidak tertarik lagi.
  • Umpan yang digunakan termasuk asing dan tidak disukai ikan gabus.
  • Bila ukurannya bertambah besar, sensitif akan bertambah jadinya akan menghindari atau bersembuyi bila ada manusia.
  • Dan yang terakhir adalah trauma karena mocel saat dipancing orang lain atau kalian sendiri.

Beberapa permasalahan diatas sering kali terjadi, sehingga membuat ikan akan mengabaikan atau menghindari umpan yang kita gunakan.

Untuk cara mengatasi Gabus yang seperti ini, jalan satu-satunya adalah dengan mengunakan umpan sambil di trik supaya masih tetap bisa strike, untuk yang pertama kalian bisa mengunakan umpan dibawah ini.

Umpan Cicak

Mengunakan umpan cicak harus tau jenis yang digunakan, karena tidak semua akan dimakan ikan gabus jadi harus tepat memilihnya.

Untuk cicak yang akan dipilih untuk umpan Gabus adalah berwarna putih bersih, ukurannya juga usahakan yang sebesar kelingking saja jangan yang sebesar telunjuk apa lagi jempol.

Untuk mengunakannya bukan casting ya tapi ditajur, caranya cukup simpel hampir sama seperti biasanya juga dikaitkan ke mata kail lalu pasang, hanya saja pemsangan tidak bisa di ambangkan dipermukaab air tapi langsung tenggelamkan.

Rekomendasi mengunakan senar jangan benang PE, jarakpun usahakan agak jauh dari tempat kalian melemparkannya, setelah terpasang tinggalkan menjauh dari tajur dan perhatikan dari jarak jauh saja atau kasih lonceng supaya tau bila sudah dimakan.

Umpan Cacing

Ini adalah umpan yang umum digunkaan, tapi bila akan dijadikan tajur untuk Gabus berbeda pemasangannya.

Untuk memasang Umpan Cacing sekali pasang dibutuhkan banyak dan pakai cacing kalung atau sampah, usahakan sebanyak mungkin sekali dipasang ke mata kail dan jangan diuwel-uwel tapi cukup 2, 3 kali tancapan sudah.

Usahkaan mengaitkan cacingnya dari bagian kepala sehingga nantinya akan bersusun banyak dan bergerak-gerak alami.

Untuk memasang tajurnya sama seperti diatas tadi, harus ditenggelamkan dan tunggu dari jarak jauh, jangan mendekati bila tidak ada hal yang penting dengan tajur yang dipasang.

Umpan Putih Telur

Ini yang paling sering gunakan bila sudah terlanjur penasaran ikan Gabus tidak mau makan, karena sekali digunakan bisa menghabiskan banyak modal walaupun hasilnya sepadan tapi menurut kami tidak sesuai.

Untuk mengunakannya, usahakan telur bebek lebih baik sedangkan telur ayam juga bisa, pertama rebus dulu sampai matang dan kupas ambil putihnya saja sedangkan kuningnya bisa langsung dimakan atau tinggalkan dirumah.

Setelah sampai dilokasi untuk mancing, putih telur yang sudah matang tadi usahakan dipotong-potong kecil mengunakan pisau karter atau kuku jempol supaya ukuran pemasangannya bisa tepat.

Kaitkan ke mata kail sesuai ukuran, setelah itu tinggal pasang boleh seperti diatas tadi dengan ditenggelamkan atau hanya mengambang saja dari senar tajurnya, setelah itu tunggu dari jarak jauh juga.

Kesimpulan
3 trik mancing ikan Gabus yang susah makan diatas sudah terbukti secara pribadi, jadi tinggal kalian coba dengan trik yang cocok dan mudah digunakan.

Untuk rekomendasi adalah putih telur bila memang terkesan susah makan dan tidak mau sama sekali, sebagai cadangan gunakan cicak yang putih saja.

Sedang kalau masih zonk juga, sebaiknya perhatikan lokasi tempat kalian memancing ikan gabus, benar ada ikannya atau tidak.

Kalau memang ada ikan gabus yang tidak makan umpan mengunakan cara diatas, soo angkat tanggan sedulur mancing. Salam Gentak!