Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Gabus Yang Ampuh, Setiap Pasang Narik

Memancing ikan gabus tidak akan ada senang bila belum mendapatkan target, terutama untuk yang berukuran besar dan standart ukuran bukan hanya itu saja yang sebesar jempol malah lebih ganas memakan umpan.

Jadi bukan hanya umpan ikan gabus yang paling ampuh saja untuk babon tapi berukuran kecil juga ganas, hanya saja teknik mancing harus dirubah tidak bisa dioptimalkan dengan cara Casting.

umpan ikan gabus yang paling ampuh saja untuk babon

Apa lagi kalian memancing Ikan gabus yang tidak mau makan umpan, sudah jelas tidak akan berlaku untuk casting, adanya tinggal najur ikan gabus saja lagi karena memang terjadi beberapa penyebab yang membuat ikan tidak mau lagi memakan umpan yang digunakan termasuk dicasting.

Beberapa umpan ampuh yang bisa kalian gunakan untuk mancing ikan gabus sebagai berikut:

  • Cicak putih
  • Katak bakar
  • Kelabang bakar
  • Ulat pisang
  • Dan usus ayam.

Untuk yang paling direkomendasikan adalah kelabang / lipan, tapi jangan begitu saja digunakan ada baiknya ketahui dulu cara untuk mengunakan umpan diatas mancing ikan gabus supaya tidak terjadi kesalahan.

Kalau salah dalam pengunaan bisa jadi malah sia-sia dan zonk saja.

Cicak putih

Untuk umpan cicak putih pasti kalian sudah tau, dimana umpan ini termasuk sering digunakan bahkan casting juga pernah, tapi ada yang kurang diketahui oleh pemancing ikan gabus yaitu tidak semua cicak dimakan.

Saat dicasting memang tetap sambar, tapi bila diam sesaat cicak yang tidak disukai ikan gabus akan dilepaskan lagi dari mulutnya.

Jadi gunakan cicak yang polos putih, bila kalian mencariya tapi bila yang lain abaikan saja dari pada nanti saat digunakan tidak akan dimakan.

Bila yang dipakai cicak putih polos, cukup dipasang ke mata kail lalu tajur akan lebih baik lagi lepaskan kulit cicak supaya aroma daging lebih disukai ikan gabus.

Katak Bakar

Pakai umpan katak dibakar untuk ikan gabus juga sangat cepat untuk disambar, apa lagi dengan cara najur, tapi jangan lupa untuk mengetahui proses memasang dan menyiapkan umpan.

Pertama belah 2 dulu katak yang akan digunakan, setelah itu bakar sampai kulit katak berubah warna dan tunggulah sampai dingin dulu baru digunakan untuk umpan ikan gabus.

Sedangkan pemasanganya, cukup tinggal pasangkan ke mata kail tapi hanya sebelah saja jangan sekali pasang semuanya karena bisa dipakai ke tempat lain lagi.

Harap diperhatikan, jangan gunakan katak yang baru dibakar dan langsung pasang ke mata kail, suhu panas dari daging katak akan membuat mata kail jadi lemas dan tidak kuat lagi.

Kelabang / Lipan Bakar

Umpan kelabang yang dibakar dulu untuk mancing ikan gabus, paling disarankan karena tidak perlu waktu yang lama bila kalian mengunakannya.

Untuk memasang dan mengoptimalkan umpan kelabang bakar, pertama carilah dulu kelabang dengan ukuran sewajarnya lalu jangan lupa bakar dulu kurang lebih sampai kulitnya berwarka agak kebiruan.

Setelah itu cukup dipotong-potong sesuai ukuran mata kail yang akan digunakan, jadi tidak perlu kelabang 1 langsung dimasukan cukup dibagi seperlunya saja.

Setelah siap tinggal dipasang dan tinggu dari kejauhan, biasanya untuk mengunakan kelabang bakar yang memakan umpan hanya babon saja atau ukuran sewajarnya karena yang kecil seukuran jempol tidak akan kebagian dengan yang babon.

Hanya saja mengunakan umpan ini harus diketahui dengan jelas lokasi yang dipancing itu ada ikan gabusnya.

Usus Ayam

Dengan memasang umpan usus untuk ikan gabus, sudah pasti tidak butuh waktu lama dan juga meleset, karena hampir rata-rata ikan akan memakan umpan usus ayam termasuk yang berukuran kecil.

Lebih bagus lagi bila digunakan untuk casting, waktu dilempar dan gulung gerakan dari usus ayam terkesan natural hanya saja terkadang ikan gabus yang menyambar tidak langsung pada mata kail yang terpasang, karena pemasangannya pasti lurus dan memanjang.

Termasuk digunakan untuk casting, pemasangan kurang lebih sejengkah dimasukan sedari awal lalu disumpul mengunakan senar, pada bagian akhir tepat dipasangkan ujung mata kail.

Dengan pemasangan inilah terkadang ikan gabus menyambar tidak beraturan tapi ganas dan cepat, bisa mulai dari atas, tengah bahkan langsung tersangkut di mata kail.

Umpan usus ayam memang sangat diakui ampuh untuk mancing ikan gabus, hanya saja kekurangan untuk pengunaanya yang mengharuskan memanjang saat dipasang, juga terkadang ikan gabus menyambar tidak tentu dibagian mana saja apa lagi untuk casting.

Sedangkan bila di uwel-uwel layaknya cacing malah sah tidak akan disambar sama sekali, karena yang ada hanya cukup aroma dan tidak terlihat dengan jelas ikan gabus yang nantinya akan memakan, jadinya terkesan diabaikan saja umpan ini.

Kesimpulan
Memahami umpan ikan gabus yang paling ampuh digunakan memang sudah sewajarnya, terlebih bila dioptimalkan denga najur dan berbagai teknik mancing.

Bukan hanya cukup dicasting saja, walaupun itu hobi yang kita dalami tapi mendapatkan ikan gabus pasti akan ada perbedaan untuk mendapatkannya, dengan begitu ada baiknya gunakan juga cara mancing ikan gabus dengan umpan yang rekomendasi dan ampuh.