Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Umpan Tempe Goreng, Ikan Ini Ganas Banget!

Mancing mengunakan umpan tempe goreng terkesan sering digunakan, terutama untuk para pemancing sungai.

Sedangnya bila umpan tempe saja, banyak sekali yang pakai hanya sebatas racikan umpan saja seperti Umpan Tempe campur Mie Instan dan lain sebagainya.

Mancing mengunakan umpan tempe goreng terkesan sering digunakan

Tapi bila ingin mengunakan tempe goreng sebagai umpan, sebaiknya sesuaikan dengan ikan yang ditargetkan dulu atau tidak perlu menargetkan cukup pakai saja dan bila ada yang makan strike lalu tarik dan pakai lagi.

Sebelum kalian membuat umpan tempe goreng jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan tempe mancing ikan dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan cuma umpan tempe goreng yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan tempe jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Bila menargetkan ikan dengan umpan ini biasanya hanya dapat ikan seperti:

  • Ikan patin.
  • Ikan juaro / bengak.
  • Ikan saitam / sitam.
  • Ikan mas sungai.
  • Ikan pari.
  • Dan ikan keting.

Sedangkan bila mengunakan umpan tempe goreng untuk jenis ikan dirawa, seperti Wader maka sulit untuk dipastikan strike karena ukuran pemasangannya akan lebih besar.

Berbeda dengan disungai terkesan ikan memang memiliki ukuran yang besar dan babon jadi umpan yang dipasang pastinya tinggal disesuaikan saja.

Tapi jangan lupa, untuk mengunakan tempe goreng ini saat dimasak tidak perlu sampai terlalu masak.

Cukup sekilas saja yang penting ada aroma minyaknya, bila terlalu kering memasaknya untuk umpan ya susah juga pas akan memasangnya.

Walaupun begitu tetap saja mengunakan umpan ini ada kelebihan dan kekurangannya bila kalian gunakan.

Kelebihan Umpan Tempe Goreng

kelebihan mancing ikan pakai umpan tempe goreng

Mengunakannya lebih mudah dan tidak sulit untuk mendapatkannya, pas tempe goreng dipakai terkesan tidak butuh waktu lama langsung strike.

Karena banyak ikan yang memakannya apa lagi di lokasi yang tepat.

Selain itu, kalau spot tempat kita mancing pas ikannya juga bisa dipastikan hoki banget lah.

Apa lagi pas bawa nasi Bontot, sekalian tambah sip lagi karena umpan orangnya juga kan.

Jadi pengunaan umpan tempe goreng ini banyak sekali, selain untuk mancing saja, sembari ikannya strike pastinya masih menyisahkan banyak.

Terutama untuk yang membawa joran pancing lebih dari 1, pasti bisa mengunakan bermacam-macam umpan untuk memancingnya.

Kalau pas dilokasinya, maka semua pancing yang dipakai bisa langsung mengunakan umpan yang sama kan.

Walaupun masih banyak lagi kelebihan dari mengunakannya, kalian jangan lupa tetap ada kekurangan dari mengunkan umpan ini.

Kekurangan Pakai Umpan Tempe Goreng

kekurangan bila mancing ikan pakai umpan tempe goreng yang sering digunakan

Mengunakan tempe goreng untuk umpan, terkadang tidak pas juga lokasi memancingnya.

Bila mengorengnya juga tidak pas terkadang ikan malah tidak mau nyambar sama sekali kecuali untuk Ikan Juaro / bengak pastinya umpan apa saja yang ketemu pasti akan dimakan.

Selain itu target ikannya harus sesuai. Seperti yang kita ketahui disungai alam liar belum tentu kita bisa memfokuskan untuk ikan yang dipancing.

Sebut saja Ikan Patin belum tentu juga kan disetiap lokasi ada, pastinya harus memilih yang memang kebanyakan ikan ini tapi bila habis aroma minyak yang digunakan terkesan juga tidak akan disambar.

Dan juga pengunaan umpannya, bila terlalu kering akan lebih hancur bila terlalu lama terendam, bila hanya mengoreng sekilas saja terkesan juga lebih cepat hancur bila mancing diarus deras.

Walaupun ada kelebihan dan kekurangan dari mengunakan umpan tempe goreng ini, semuanya tetap kembali pada kalian saja lagi kalau pas dan cocok memakainya ya tinggal diteruskan dan bila kurang pas ya tinggal ganti dengan yang lain saja lagi. Sampai disini salam gentak!