Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Umpan Kucur, Bau dan Tahan Lama Pasti Dikejar Ikan Baung

Cara untuk membuat kucur umpan mancing ikan baung disungai siang dan malam hari sangatlah mudah, hanya saja tinggal tergantung pembuatan dan bahan yang digunakan.

Cara untuk membuat kucur umpan mancing ikan baung

Bila hanya untuk membuat bau nya saja tentu mudah, tapi bila yang buat memang umpan untuk mancing ikan baung sudah jelas membutuhkan aroma yang kuat dan juga bahan yang tepat.

Sebelum kalian membuat umpan kucur jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan baung dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan baung bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan baukg umpan kucur juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan baung yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan baung yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan baung umpan kucur yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan baung maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Tapi untuk 2022 terbilang masih rame pembicaraan di Grup FB mancing ikan baung, sudah jarang yang mengunakan kucur, tapi banyak yang mengunakan Umpan Kijing Olahan dengan racikan yang paling jitu menurut berbagai sumber yang mengunakanya.

Walaupun begitu tetap saja masih ada yang mengunakan kucur untuk Umpan Ikan Baung, nah untuk kalian yang ingin membuatnya, hanya berdasarkan pengalaman pribadi ya! Silahkan siapkan beberapa bahan ini:

  • 1 kg usus ayam.
  • 5 siung bawang merah ukuran besar.
  • 2 ekor kadal.
  • Setengah kg daging ikan baung murni.
  • 2 ons lemak kambing.
  • 1 ragi tape.
  • Dan kapuk kasur secukupnya.

Rekomendasi gunakan kapuk jangan kapas! Untuk membuatnya, pertama blender sampai halus semua bahan kecuali lemak kambing dan kapuk.

Setelah halus masukan ke toples yang bisa ditutup rapat, kemudian encerkan dulu lemak dengan cara digoreng tanpa minyak lemak kambing tadi.

Kemudian masukan kapuk bertahap sambil diaduk, setelah selesai baru masukan minyak lemak kambing yang sudah encer tadi dan aduk lagi sampai merata, ingat sebagai pembuatnya menambahkan kapuk terakhir saat sudah jadi saja kucurnya.

Dalam tahap pembuatan kami, kapuk harus disatukan dengan olahan kucur supaya menyerap.

Sesudah dipastikan telah bercampur semua, tutup serapat mungkin dan gali tanah setenah meter dan timbun.

Biarkan selama 3 hari ditimbun tanah tadi dan paling lama semingguam baru digunakan untuk mancing.

Aroma kucur ini sangatlah menyengat, jadi pemasanganya akan lebih baik mengunakan alat bila langsung pakai tangan pastinya sampai 5 harian masih meninggalkan bau.

Selain itu perlu diperhatikan, bila umpan kucur sudah jadi jangan sampai sampai lebih dari 3 minggu, karena banyak yang bilang semakin lama kucur disimpan akan lebih bagus ternyata salah paham, karena bila terlalu lama yang ada hanya baunya sedangkan aroma alami sudah jelas hilang dan tidak akan dimakan ikan baung lagi.

Jadi pengunaan harus tepat, cukup dibawah 3 mingguan saja selepas dari itu silahkan buang umpan kucurnya, karena mungkin kalian juga pernah untuk mengunakan umpan kucur yang sudah tersimpan lama.

Sampai disini selamat mencoba cara membuat umpan kucur ikan baung dan salam Gentak!