Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menguatkan Senar Pancing, Tinggal Buat Seperti Ini Saja!

Cara untuk menguatkan senar pancing yang digunakan harus tepat, karena bila salah terkadang malah senar hanya akan bertambah jadi getas dan mudah putus, bila tepat mengunakan caranya bisa jadi akan lebih berguna lagi saat dipakai.

Seperti yang sudah banyak diketahui, saat membeli senar pancing terkadang baru saja digunakan terkesan mudah putus.

Cara untuk menguatkan senar pancing yang digunakan harus tepat

Harapan mengunakan senar sudah pasti kuat untuk strike ikan yang besar, walaupun senar yang dipakai kecil tapi kekuatannya cukup dan ini sebatas harapan malah terkadang tidak akan sesuai pas sudah memakai senarnya.

Maka dari itu, ketahui dengan jelas senar pancingnya dan juga cara supaya bisa menjadi kuat juga tidak getas.

Beberapa ciri-ciri yang biasanya kita temui pada senar yang tidak kuat adalah:

  • Waktu strike ikan mudah putus.
  • Saat nyangkut terasa molor lalu tassss.
  • Tidak tahan kuat untuk memancing ikan bergigi tajam.
  • Kalau ukurannya terlalu tipis tetasa sangat mudah putus walaupun hanya mengunakan tangan saja.
  • Bila digunakan mancing sungai dan kena sampah juga langsung putus.

Bukan hanya sebatas yang kami sebutkan diatas saja, mungkin masih lebih dari itu saja, jadi perlu cara supaya senar yang dipakai itu bisa jadi kuat.

Untuk menguatkan senar pancing termasuk tidak ada bahan dan caranya, yang bisa dioptimalkan hanya sebatas pengunaannya saja seperti:

Beli Senar Pancing Berkualitas Yang Kuat

Beberapa senar pancing yang terkesan kuat dan juga rekomendasi untuk digunakan adalah: Blood Big Game, Exory Hi Speed dan Optima Hi Class untuk yang disebutkan ini memang sudah terkesan memadai saat digunakan termasuk kekuatanya.

Dengan kalian mengunakan senar yang disebutkan tadi, sudah pasti tidak perlu repot-repot lagi untuk kalian menguatkan senar pancing karena memang sudah sangat kuat untuk bobot ikan.

Tapi kekuarangannya hanya ada pada tidak tahan akan gesekan, termasuk gigi ikan yang tajam jadi harus disesuaikan ukurannya juga.

Ukuran Diameter Senar Yang Kuat

Untuk ukuran tinggal tergantung tempat kalian memancing, bila disungai arus deras pastinya mengunakan yang cocok dan sesuai termasuk untuk air tenang kan.

Jadi bila untuk diameter senar memancing ikan ukuran 5 jarian kebawah, cukup pakai yang 0.09 - 0.16 saja itu sudah termasuk paling kuatlah namun tetap harus disesuaikan untuk disungai atau air tenang.

Sedangkan bila untuk arus deras, gunkaan saja yang 0.35 sampai 0.45 tapi bila target ikan memang besar setidaknya kalian membutuhkan yang 0.50 sampai 0.60an lebih.

Nah setelah kalian menyesuaikan beberapa ukuran senar diatas, sudah bisa dipastikan senar pancing tersebut memang kuat!

Lalu tidak perlu mengunakan cara menguatkan senar pancing? Tentu saja tidak perlu karena tidak akan ada caranya, karena memang sudah bawaan dari pabriknya dengan kekuatan seperti itu, kalau direbus gimana?

Menguatkan Senar Pancing Dengan Direbus

Tujuan merebus senar pancing ini adalah untuk melenturkan saja, misalkan yang kalian gunakan itu kaku lalu supaya bisa lembut barulah bisa.

Sedangkan bila untuk menjadi kuat sama sekali belum ditemukan, terutama bila merebusnya kelamaan bisa jadi malah getas mudah putus.

Kecuali bila hanya untuk melembut saja, cukup dengan merebusnya sekilas lalu direndam dengan air dingin pastinya akan menjadi lentur.

Sudah banyak sekali yang membuktikan bahwa senar yang direbus itu bukan untuk senar menjadi kuat, tapi bahkan akan semakin mudah untuk putus.

Bahkan 1 sumber video menjelaskan dengan langsung dibuktikan bahwa sebar tersebut tidak akan menjadi kuat, pertamanya ia menyiapkan senar pancing dengan ukuran 0.60 sangat kuat sekalikan lalu direbus mengunakan Teh seperti banyak video yang merekomendasikan.

Pas sudah selesai dan dites dengan bobot 3 KG tabung gas isi, hasilnya tetap putus berikut ulasan tersebut:

Dengan begitu bisa dipastikan bahwa merebus senar pancing tidak akan bertambah kuat.

Kesimpulan
Jadi bila kalian mencari cara menguatkan senar pancing sudah pasti tidak akan menemukannya, kalaupun ada caranya bisa langsung kalian coba dan tes bermanfaat atau tidak.

Tapi bila kalian hanya mencari info sebatas untuk menjaga kekuatan senar supaya tahan lama dan berbagai jenisnya kemungkinan masih banyak yang menyediakan infonya, selamat mencoba dan salam Gentak!