Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Racikan Umpan Ikan Sungai Paling Ampuh Siap Coba!

Meracik umpan untuk memancing disungai ada banyak sekali yang boleh dicoba, dari mulai racikan biasa mengunakan tepung hingga yang mengandalkan Essen, tapi hasilnya? Tetap imbangkan, ada hoki juga zonk!

cara buat racikan umpan ikan sungai paling ampuh jitu

Maka dari itu untuk meracik umpan ikan sungai, harus mengutamakan dulu pola memakan ikan yang akan dipancing, agar usaha yang dilakukan lebih maksimal untuk mendapatkan banyak dan besar.

Jadi jangan hanya terus yang difokuskan untuk berfikir racikan saja, memang tetap dimakan bahkan kalau pas hoki lebih cepat dapat, hanya sebatas itu saja kan.

Terkadang juga tidak tahan lama, karena kita tidak mengetahui dengan jelas ikan yang dipancing senang makan apa, cara memakanya gimana dan sensitifnya dengan apa.

Bila sudah dipelajari nah barulah mudah untuk kita mendapatkan ikan, walaupun pakai umpan alami saja terkesan simpel untuk lauk sambel dirumah.

Contoh gamplangnya seperti ini, kamu ingin memancing ikan Baung disungai tapi peralatan yang digunakan untuk jenis bersisik, hasilnya gimana? Zonk lagi atau putus kan.

Begitu juga sebaliknya, niat memancing ikan bersisik seperti Gurame, peralatan yang digunakan untuk ikan Baung, kira-kira hasilnya gimana?

Kalau strike ikan ya tetap dimakan umpan yang dipakai, tapi hasilnya tidak akan maksimal.

Jadi bila ingin mancing ikan walaupun disungai itu tidak bisa dianggap sepeleh, seperti yang banyak kita dengar dari teman: Namanya rezeki kalau dapat ya pasti strike.

Saya pun yakin kalau mancing itu kembali pada rezeki, tapi tetap juga kembali pada usaha kita kan? Jadi usaha lebih dulu untuk memaksimalkan, barulah dikembalikan pada rezeki.

Bila kalian bisa menyimpulkan dan mengerti beberapa trik memancing ikan sungai diatas, kalian tinggal mudah untuk membuat umpan, tinggal ketahui jenis ikan yang akan dipancing.

Untuk racikan yang pertama jenis ikan:

  • Patin
  • Baung
  • Juaro
  • Sengerat
  • Saitam
  • Dan Pari.

Kalian bisa mengunakan racikan umpan cakui yang dibuat mengunakan Tepung Terigu, Fernipam, Bubuk Kunyit dan Jasjus Markisa.

Untuk membuatnya simpel tapi agak rumit bila dari tulisan, contohnya seperti ini, masukan 4 sendok makan tepung terigu ke wadah dulu.

Lalu ambil gelas dan isi seperempat air dan masukan seujung sendok teh fernipam, setengah sendok teh bubuk kunyit dan 1 sendok makan jasjus markisa lalu aduk sampai rata.

Setelah merata campurkan ke wadah tepung dan ulek-ulek sampai pulen berbentuk donat, setelah jadi buat ukuran yang disesuaikan lalu goreng sekilas, untuk lebih jelas pembuatanya cek pada video dibawah:

Umpan cakui diatas sangat maknyus untuk jenis ikan yang disebutkan tadi, sedangkan untuk yang jenis bersisik seperti:

  • Ikan malis
  • Ikan gurame
  • Ikan lampam
  • Dan lainnya yang bersisik.

Kalian bisa mengandalkan umpan roti chripsy atau roti klik meraciknya tidaklah sulit, tinggal ambil plastik lalu celupkan sekilas roti yang akan dibuat lalu lumat-lumat mengunakan tangan jadi!

Tapi untuk yang lebih bagus umpan ikan disungai, gunakan Lempeng Pelet atau aroma lainnya.

Untuk membuat lempeng tidaklah sulit hampir mirip dengan pembuatan martabak, hanya saja bahan yang akan dipakai berbeda yaitu pelet dan tepung aci / kanji.

Cara membuatnya takaran kami ya! Ambil 5 sendok makan pelet letakan diwadah lalu siram air panas secukupnya agar hancur, lalu ambil wadah yang lain untuk mencampurkan 3 sendok makan tepung aci / sagu / kanji, lalu tambahkan air secukupnya untuk mencarikan.

Setelah cair campurkan kedua bahan dan ulek-ulek sampai menyatu, setelah terlihat jadi tinggal goreng mengunakan teplon, agar lebih jelas cek video pembuatanya dibawah ini: