Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jam Makan Ikan Belida, Pagi, Siang, Sore dan Malam Hari

Untuk yang hobi mancing pastinya akan memperkirakan jam makan ikan belida, karena tidak setiap waktu bisa langsung saja strike kecuali tanpa disengaja.

Sedangkan bila memang mengincar sudah jelas ada waktu tertentunya, itu juga tidak sampai 1 jam sekali makan terus, paling menyambar dan bila terlepas tidak akan diulang lagi kecuali yang masih kecil.

jam makan ikan belida

Sedangkan bila Mancing Ikan Belida yang berukuran besar sudah jelas lebih sensitif dan tidak sembarangan jam untuk bisa kena pancing.

Termasuk untuk mengunakan Umpan Ikan Belida kalau yang besar hanya mengutamakan yang hidup saja seperti anak ikan kecil seperti Sepat, Betok, Gurame dan Udang umpan tersebut pastinya hidup saat digunakan, sedangkan untuk jam makannya bisa disesuaikan.

Pagi: Pada umumnya saat matahari baru mau terbit antara jam 6 kurang sampai setenah 9an tapi biasanya hanya cukup 1 jam saja, itu juga bila belum memakan umpan yang digunakan.

Bila sudah memakan terutama ditarik dan terlepas, biasanya tidak akan diulang lagi walaupun keesokan harinya lagi, jadi harus menunggu lebih dari 2 mingguan baru mau makan lagi, tapi bila ukurannya masih standart biasanya besok lagi saja sudah mau lagi.

Siang: Sedangkan untuk waktu ini biasanya yang ganas malah tanggung ukuranya, bisa hanya 3 jarian atau masih anakan.

Untuk jam biasanya sekitar setenah 2 sampai tepat jam dua, setelah itu berhenti dan sulit untuk mendapatkan lagi.

Sedangkan bila memang mengkhususkan untuk belida babon jam ini tentu akan terasa sulit dan bahkan tidak dapat sama sekali yang besar.

Sore: Untuk waktu yang ini biasanya jam setengah 5 sampai jam 6 yang kecil dan standart sudah mulai makan, sedangkan yang babon jam setengah 7 baru mulai aktif.

Seperti yang kita ketahui, ikan belida termasuk predator yang aktif dimalam hari untuk yang babon sedangkan bila di waktu pagi, siang dan sore terkesan yang menyambar masih ukuran standart saja, jarang mendapatkan yang bobot diatas 3 kiloan.

Malam: Kalau ini barulah waktu yang tepat untuk mancing ikan belida babon, tepatnya pada jam magrib tadi baru mulai keluar itu juga tidak langsung makan.

Untuk yang mulai aktif memakan umpan pada jam 8 malam, dan itu juga tidak akan diulang lagi bila sudah ditarik saat umpannya masih ada, bila umpannya hilang disambar ikan belida dan dipasang lagi tetap bisa kena lagi.

Jadi kuncinya mancing ikan belida harus benar-benar paham cara memancingnya, karena bila tidak kena saat memakan umpan jarang akan terulang lagi, kalaupun masih ada yang kena biasanya yang lain lagi.

Termasuk cara memancingnya juga perlu diketahui dengan tepat dan tidak bisa seperti biasanya, untuk mengetahui lebih jelas memancingnya silahkan cek video dibawah ini.