Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jam Makan Ikan Wader, Paling Tepat Di Sungai dan Rawa

Memancing ikan wader, pastinya sangat asik dan menyenangkan walaupun terkesan melelahkan tapi tetap akan kembali saat strike yang berlimpah dan banyak, untuk yang paling utama digunakan pastinya Umpan Ikan Wader.

Bila sudah menyiapkan bekal untuk mancingnya, maka tinggal atur waktu jam makan ikan wader dan berangkat, hanya saja terkadang kebanyakan yang belum bisa nengaturkan waktunya.

jam makan ikan wader

Jadi pas saat akan strike malah yang makan hanya sedikit, itu juga biasanya yang kecil-kecil saja, berbeda bila mengetahui jam makannya hampir mirip Ikan Mata Merah langsung bergerumbulan untuk makan umpan.

Untuk lebih jelasnya begini, saat mancing ikan wader di air jernih pastinya 1, 2 ekor akan tetap bisa dilihat bahkan lebih banyak dari itu, saat kita memasukan umpan air jangankan yang besar kecil saja tidak mau mendekat untuk memakan umpan.

Perasaan langsung tanda tanya, kok ikan wadernya tidak mau makan ya. Padahal jelas kita sendiri yang salah karena belum tentu waktu yang kita gunakan untuk mancing ikan wader sudah tepat walaupu umpan yang dipakai paling jitu sekalipun.

Karena pada umumnya, jam ikan wader makan umpan memang ada waktu tertentu, jadinya tidak harus karena kesalahan ada pada umpannya saja tapi yang paling jelas adalah jam makan ikan wader lah yang salah.

Sedangkan umpan yang digunakan tetap mengikuti saja, seperti Cacing tetap dimakan dan Roti Chrispy lebih gabas apa lagi Kroto, tinggal sekarang tentukanlah waktunya yang tepat supaya bisa hoki saat memancingnya dan jangan lupa lokasi pemancingannya.

Mancing Ikan Wader Di Sungai

Untuk jam makan ikan wader di sungai adalah pagi dan sore hari, tepatnya jam setengah 7 sampai 9 dan jam 4 sampai 6 sore.

Sedangkan bila kalian mancing dilain waktu ditas biasanya yang dapat hanya ikan wader yang kecil saja, walaupun yang besar kadang-kadang kena pancing juga tapi itu hanya 1, 2 ekor saja.

Sedangkan bila tepat waktu bisa jadi ikan wader malah bergerombolan mendekati umpan yang kalian pakai.

Bila waktu yang digunakan ikan wader tidak mau makan, kalian bisa perhatikan kondisi lainnya seperti baru sudah hujan atau mendung, karena cuaca pastinya suhu air akan berubah dingin dan pada umumnya hampir rata-rata ikan memakan sedang tidak makan umpan.

Untuk yang lainnya perhatikan kadar airnya, bila awalnya jernih perhatikan keruh atau tidak bila iya umpannya ganti dengan yang aroma lebih kuat.

Mancing Ikan Wader Di Rawa dan Danau

Sedangkan jam ikan wader makan umpan bila nemancing dispot ini, biasanya dimulai pada jam 8 pagi sampai setengah 10 atau tepat dan bisa juga dipancing saat siang hari jam 1 an.

Untuk lebih tepatnya pada jam setengah 4 sampai menjelang magrib, sedangkan pengunaan umpannya tetap sama saja yang penting aroma kuat.

Terutama bila air ditempat kalian memancing ikan wadernya berwarna hitam pekat, umpan yang aroma kuat lebih diutamakan untuk dipakai.

Bila ikan wadernya tidak mau makan harap perhatikan seperti diatas tadi, pengaruh air atau cuaca.

Dan jangan-jangan ada orang yang sengaja Menyetrum Ikan Wader sehingga ya pada stress dan matilah karena sudah dipanen duluan oleh petugasnya.

Kesimpulan
Kunci mancing ikan wader bukan hanya berpengaruh pada jam makan umpannya, tapi juga tetap ada pengaruh dengan kadar air baik itu berubah warnah, keruh, dingin dan habis disetrum.

Lebih parah lagi bila ikan wadernya kena Tuba, Potas, racuni oleh orang untuk mendapatkan yang banyak.

Jadi perhatikan dulu keadaan spot yang kalian gunakan untuk memancing, barulah mencari sela jam makan ikan wader yang tepat.