Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Ikan Sepat Tidak Mau Makan Umpan, Ini Sebabnya!

Memancing ikan sepat siam yang tidak mau makan umpan yang kita pakai pasti ada penyebabnya, dan ini harus diketahui bila kita memang ingin strike untuk mendapatkan ikannya.

Jadi bukan karena begitu saja ikan sepat siam tidak mau memakan umpan yang sedang kita pakai, bila ditelusuri dan ketemu penyebabnya sudah pasti pas mancing enak banget.

kenapa ikan sepat siam tidak mau makan umpan

Sekali tarok narik, masukan umpan lagi strike, jadinya semanggat memancingnya terkesan ingin selalu terulang.

Berbeda bila kita pancing ikan sepatnya tidak mau makan, sejitu apapun yang kita pakai tetap saja tidak ada respon, tapi sebelum mengecap memang ikan sepat siam yang kita pancing saat itu tidak mau makan umpan.

Sebaiknya ketahui dulu sebabnya dan sesuaikan dengan peralatan yang kita gunakan, mulai dari senar, pemapung, ukuran mata kail dan umpannya.

Bila sudah disesuaikan tapi memang tidak makan, kemungkinan memang ikannya bermasalah.

Tapi sebelum itu, ada baiknya ketahui dengan jelas ukuran yang kita gunakan, kadang kita saja yang beranggapan sudah pas dan nyatanya belum!

Untuk menyesuaikan semuanya, silahkan perhatikan semuanya satu-persatu dari yang pernah kami gunakan, untuk yang pertama.

Pelampung Ikan Sepat Siam

Mengunakan pelampung untuk mancing ikan sepat siam tidak perlu besar, cukuplah kecil dan halus saja dan tidak perlu mengunakan bandul (timah).

Dan jarak antara mata kail dan pelampung cukupkan sejengkal saja, tidak perlu terlalu dalam karena malah tidak akan dimakan, karena keberadaan ikan sepat dalam air hanya berukuran sejengkal saja bahkan dipermukaan.

Keberadaanya itu sering kali terlihat saat kita memancingnya, jadi bila pelampung yang kita gunakan besar maka siap-siap untuk buat segerombolannya menghilang karena takut, jadi gunakan yang kecil saja.

Untuk ukuran pelampungnya, cukup gunakan yang seberap lidi saja ada mendekati tapi tidak besar, setelah mengetahuinya jangan lupa untuk sesuaikan mata kail yang digunakan.

Ukuran Mata Kail Ikan Sepat Siam

Untuk memilih nomer Ukuran Mata Kail Ikan Sepat cukup yang 0, 1, dan 2 saja sedangkan rekomendasi dari kami pakai yang nomer 1.

Sedangkan untuk mereknya kalian bisa gunakan Nissin atau Daichi, bila sulit untuk ditemukan juga bisa mengunakan yang Carbon saja.

Untuk beberapa ukuran mata kail diatas, sangat cocok digunakan untuk mancing ikan sepat siam karena halus dan kecil, selain itu karena memang mulutnya kecil jadi cocok banget lah.

Ukuran Senar Pancing Untuk Sepat Siam

Sedang untuk Senar Pancing Kecil yang cocok untuk mancing ikan sepat siam, cukup gunakan yang nomer 0.6, 0.8 dan 1.0 saja selain halus juga mudah tenggelam dan nilai biasnya tinggi.

Namun kelebihan senar yang disebutkan tadi tidak semuanya meniliki, untuk merek dengan spesifik tersebut adalah Exory Hi Speed, Optima Hi Class dan Blood Big Game pastikan yang digunakan ukuran paling kecil saja.

Tapi sayangnya, terkadang lagi asik mancing ikan sepat siam, yang datang malah Ikan Gabus jadinya putuskan senar yang digunakan karena kehalusan.

Nah bila semua persiapan diatas sudah ada, selanjutnya tinggal buat berbagai umpannya yang cocok.

Cara membuat Umpan Lumut Untuk Ikan Sepat Siam

Untuk membuat umpan ikan sepat siam mengunakan Lumut tidaklah sulit yang penting ada aroma yang menarik perhatiannya, contohnya mencampurkan dengan Royco Ayam, harap perhatikan pengunaan Royco dan Masako tentu berbeda untuk efeknya jadi coba gunakan yang telah kami sebutkan tadi yaitu Royco.

Untuk cara membuatnya, cukup cari dulu lumutnya lalu campurkan dengan Royco Ayam, untuk takaran menyesuaikan saja dengan takaran air yang dicampurkan ke wadah lumut.

Sedang bila kalian ingin jelas pembuatan racikan untuk mancing ikan sepat siam, silahkan cek di artikel kami sebelumnya disini: Umpan Jitu Ikan Sepat Siam

Semua bahan diatas siap untuk digunakan, berarti saatnya pergi untuk mancing tapi jangan lupa pelajari juga triknya.

Cara Memancing Ikan Sepat Siam

Cara Mancing Ikan Sepat Siam tidaklah sulit, hanya saja butuh tambahan saat akan memasukan umpan, bila yang digunakan lumut berarti tidak perlu mencampurkan lagi supaya ikan sepat datang bergerombol memakan umpan.

Bila mengunakan umpan yang lain, kalian harus siap minyak ayam atau jelantah, pas akan memasukan umpan celup dulu ke minyak barulah dimasukan, tidak perlu waktu yang lama pasti keluar semua sambil manggap-manggap dan bila kalian letakan umpan mendekatinya secara pelan-pelan pasti langsung strike.

Kalau cara mancing yang kami gunakan cukup pelan-pelan saat memasukan umpan didekat ikan sepat siam sedang gerombolan, tapi kami jarang bahkan tidak pernah lagi mengunakan lumut karena beberapa yang kami bagikan pada artikel diatas lebih cepat disambar.

Untuk memancingnya ya tinggal disesuaikan saja lagi, pelan saat memasukan dan juga saat menariknya, bila terlalu cepat memasukan ikannya lari kalau terlalu cepat menarik bibirnya robek.

Tinggal cukup disesuaikan saja lagi, yang penting yakin dengan cara memancing ikan sepat siamnya.

Doa Mancing Ikan Sepat Siam

Sedangkan bila membahas tentang doa, pertamanya ya cukup dengan niat untuk pergi memancing dan bissmillah lalu beragkat.

Bila ingin yang khusus tinggal coba gunakan Doa Mancing Nabi Sulaiman as sekalian jangan lupa untuk Membuat Jimatnya saat akan berangkat juga bisa menghitung hari baik mengunakan Primbon Mancing Mujarobat dengan begitu maksimal sudahlan niat mengamalkan doa memancing ikan sepat siam.

Tapi sebatas mengingatkan saja, karena memancing adalah hobi jadi gunakan semaksimal mungkin, mana yang diperlukan juga mana yang sebaiknya ditinggalkan.

Kesimpulan
Untuk lebih cepatnya kalian memancing ikan sepat siam, silahkan perhatikan semua tulisan diatas dengan ketelian supaya tidak salah paham dalam membacanya dan bisa dinalar dengan cepat oleh pikiran.

Dengan begitu, tinggal menerapkan saja beberapa tata cara untuk memancing dan mencari info, yang dibutkan untuk memancing ikan sepat siam. Sampai disini salam Gentak.

Posting Komentar untuk "Kenapa Ikan Sepat Tidak Mau Makan Umpan, Ini Sebabnya!"